Temanggung Terbaik Bidang Kesehatan

  • Whatsapp

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Kabupaten Temanggung menjadi salah satu kabupaten terbaik di Jawa Tengah dalam pembangunan bidang kesehatan dengan indikator rendahnya kematian ibu melahirkan.

“Selama 2015 kematian ibu melahirkan di Temanggung hanya tiga orang dan merupakan terendah di Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Suparjo di Temanggung, Kamis.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan hal tersebut usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional dan peresmian gedung baru Dinas Kesehatan Temanggung oleh Bupati Temanggung Bambang Sukarno.

Suparjo mengatakan sebenarnya ada dua daerah yang kematian ibu melahirkan paling rendah yakni Kabupaten Temanggung dan Kota Salatiga sama-sama tiga orang, namun Salatiga hanya tiga kecamatan, sedangkan Temanggung terdiri atas 20 kecamatan.

Ia menuturkan indikator utama pembangunan kesehatan adalah rendahnya kematian ibu melahirkan. Keberhasilan tersebut didukung oleh sejumlah program yang dilakukan, antara lain mempertahankan faktor risiko ibu hamil, peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi pada masyarakat, pembentukan kelas ibu hamil dan ibu balita serta faktor gizi.

Namun, katanya keberhasilan menurunkan kematian ibu melahirkan tersebut belum diikuti kematian anak yang masih fluktuatif.

Bupati Bambang Sukarno menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Dinkes Temanggung dalam upaya menurunkan kematian ibu melahirkan, namun hendaknya keberhasilan tersebut juga diikuti penurunan kematian bayi.

“Kami harapkan kematian bayi juga bisa ditekan dan kematian ibu melahirkan ke depan targetkan nol persen. Berapa anggaran yang diperlukan, kami siap mendukungnya,” katanya.

Ia mengatakan guna mendukung pembangunan kesehatan tersebut Pemkab Temanggung berupaya memperbaiki sarana dan prasarana kesehatan, antara lain pembangunan sejumlah puskesmas dan tahun ini mulai pembangunan gedung rawat inap tujuh lantai di RSUD Temanggung.

Pada 2016, katanya bakal dibangun gedung baru untuk enam puskesmas, yakni Puskesmas Kledung, Ngadirejo, Jumo, Selopampang, Pringsurat, dan Puskesmas Darmorini.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *