Hongaria Akhiri Penantian 30 Tahun Untuk Tampil Di Euro 2016

  • Whatsapp

BUDAPEST, Jowonews.com – Penantian 30 tahun Hongaria untuk dapat bermain di turnamen utama akan berakhir di Prancis tahun depan, setelah kemenangan 2-1 mereka atas Norwegia memastikan salah satu negara kaya sejarah sepak bola itu lolos ke putaran final Piala Eropa 2016.

Kesuksesan itu, yang mengunci kemenangan agregat 3-1 mereka di depan para penggemar yang bergembira di Groupama Arena, menggaransi penampilan perdana Hungaria di putaran final kompetisi utama sejak Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Bacaan Lainnya

Hongaria membangun kemenangan pada pertandingan leg pertama mereka di Oslo ketika Tamas Priskin melepaskan sepakan melengkung untuk menjadi gol pertama pada menit ke-14, dan gol bunuh diri Markus Henriksen pada menit ke-83 mengamankan langkah tuan rumah.

Henriksen sempat mencetak gol larut namun itu hanya menjadi gol hiburan bagi Norwegia ketika tim tuan rumah merayakan keberhasilan perdana mereka lolos ke putaran final Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak 1972.

Salah satu pemain yang bersinar di Budapest adalah kiper Hongaria berusia 39 tahun Gabor Kiraly, yang melakukan serangkaian penyelamatan pada kedua leg pertandingan.

Stadion yang menjadi kandang Ferencvaros bergemuruh seperti belum pernah terjadi sebelumnya ketika Priskin melepaskan sepakan melengkung dari jarak 16 meter, setelah serangan balik cepat untuk membawa Hungaria memimpin.

Kiraly harus melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan tembakan mendatar Haitam Aleesami pada menit ke-27, setelah pergerakan operan yang mulus dari tim tamu dan Norwegia bahkan kembali berpeluang mencetak gol ketika tandukan Even Hovland dari tendangan sudut mengenai tiang gawang pada menit ke-45.

Tendangan Balsz Dzsudzsak yang terdefleksi mengenai mistar gawang pada menit ke-58 setelah serangan balik yang langka dari tuan rumah, yang bermain bertahan jauh di dalam untuk mempertahankan keunggulan dua gol mereka.

Kiraly melakukan penyelamatan bagus lainnya pada menit ke-76 ketika ia menepis tembakan jarak jauh Marcus Pedersen, sebelum pertandingan ini dipastikan terkunci tujuh menit sebelum usai, ketika tendangan sudut Dzsudzsak diarahkan ke gawang sendiri oleh Henriksen.

Pemain AZ Alkmaar itu kemudian mencetak satu gol balasan untuk Norwegia pada menit ke-87, namun itu sudah terlambat.   (Jn16/ant/reuters)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *