KPU Jateng: Proses Persiapan Pilkada Sudah Selesai

  • Whatsapp
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo mengklaim bahwa seluruh proses persiapan pelaksanaan pilkada secara serentak di 21 kabupaten/kota pada 9 Desember 2015, sudah selesai.

“Artinya selesai begini, persiapan lembaga penyelenggara sudah selesai, kemudian untuk pengadaan logistik sudah selesai semua, tinggal proses sortir dan lipat surat suara serta pengiriman dari percetakan ke kabupaten/kota,” katanya di Semarang, Senin (16/11) kemarin.

Bacaan Lainnya

Joko menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan bimbingan teknis dan simulasi pemungutan serta penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pekan depan.

Menurut dia, hal tersebut juga bertujuan agar petugas PPS dan KPPS dapat langsung melakukan praktik mengenai pemungutan serta penghitungan suara, selain teori yang sudah diberikan.

“Kami juga akan mengerahkan petugas KPPS sebagai agen sosialisasi pelaksanaan pilkada di 21 kabupaten/kota,” ujarnya.

Kendati persiapan pemungutan suara pada 21 pilkada di Jateng secara umum sudah final, jajaran KPU Jateng beserta KPU kabupaten/kota tetap melakukan monitoring terkait dengan adanya kemungkinan kerusakan surat suara.

Guna mencapai target jumlah pemilih sebanyak 77,5 persen, KPU Jateng telah memerintahkan seluruh KPU kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015 untuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan Kementerian Agama di wilayah masing-masing dalam memberikan sosialisasi serta motivasi pada mimbar-mimbar keagamaan.

“Kami optimistis target jumlah partisipasi pemilih pada pilkada di 21 kabupaten/kota akan tercapai dengan berbagai strategi tadi,” katanya.

Ke-21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menyelenggarakan pilkada secara serentak pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora. Kemudian, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *