Sungai Aji Penuh Sampah, Jadi Biang Banjir di Kaliwungu

  • Whatsapp
Sungai Jebol. (Dok.jowonews)
Sungai Jebol. (Dok.jowonews)

 

KENDAL, Jowonews.com– Hujan deras yang terjadi Kabupaten Kendal dalam beberapa hari ini langsung mengakibatkan beberapa sungai di Kendal meluap. Diantaranya Sungai Aji. Akibatnya, luapan air menggenangi jalan dan pemukiman penduduk.

Bacaan Lainnya

Meluapnya air diduga tidak semata-mata debit air yang besar. Tapi perilaku buruk warga dan pedagang Pasar Gladak Kaliwungu. Dimana mereka memanfaatkan Sungai Aji sebagai tempat pembuangan sampah.

Sehingga banyak sekali tumpukan sampah di sungai dan akhirnya mengakibatkan sungai tersumbat. Tak hanya terkesan kotor dan kumuh, bau tak sedap juga menyengat hidung para pengguna jalan yang melewati sepanjang aliran sungai tersebut.

Guna mengantisipasi banjir bandang yang kerap melanda, puluhan personil TNI Koramil Kaliwungu Kodim 0715 Kendal bersama Polsek Kaliwungu dan jajaran pegawai kecamatan setempat bergotong royong membersihkan sungai di sepanjang saluran Sungai Aji, Rabu (18/11) pagi.

Mereka bahu membahu membersihkan saluran air yang tersumbat oleh sampah. Endapan lumpur yang membuat sedimentasi tinggi pun tak luput di bersihkan dengan cara di keruk menggunakan cangkul maupun beberapa alat lainnya.

Kapolsek Kaliwungu, AKP Setya Nugraha mengatakan, kegiatan bersih-bersih sudah dilaksanakan rutin jajarannya dengan anggota TNI setiap minggu. “Lokasi yang menjadi tempat untuk kegiatan gotong-royong biasanya tempat umum dan fasilitasnya. Seperti lingkungan pasar, stasiun dan alun-alun Kaliwungu,” katanya.

Sementara itu Danramil Kaliwungu Kapten Inf Suaryanto mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai dan saluran air ini merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Indonesia Bersih. Sasarannya yakni tempat umum seperti pasar, masjid, tempat ibadah, stasiun dan sebagainya.

“Kita mengantisipasi musim hujan yang mulai datang dengan membersihkan saluran dan sungai Aji depan Pasar Gladag. Sungai ini memang dipenuhi sampah karena kesadaran warga masih rendah, padahal sudah disediakan tempat sampah di depan pasar,” katanya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *