Musik Degung Sunda Memukau Siswa Dan Staf Pengajar Di Hungaria

  • Whatsapp

LONDON, Jowonews.com – Alunan suara musik bonang dan saron serta tiupan suling yang dipadukan hentakan kendang dalam melodi lagu Lalayaran Degung Sunda membahana di sekolah seni Tömörkény István Gimnázium és Művészeti Szakközépiskola, di kota Szeged, Hungaria.

Sementara para siswa-siswi dan staf pengajar di sekolah lanjutan tingkat atas yang menyaksikan pentas musim tersebut terlihat terpukau.

Bacaan Lainnya

Telinga para anak muda yang akrab dengan irama musik pop dan disko ternyata bisa mengagumi musik tradisional Indonesia yang ditampilkan dalam rangkaian Road Map KBRI Budapest, Indonesia Goes to School, demikiam Pensosbud KBRI Budapest, Yudhi Gunawan kepada Antara London, Kamis.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Ibu Wening Esthyprobo memimpin kegiatan tersebut dalam sambutannya menjelaskan bahwa pagelaran seni budaya yang ditampilkan tersebut hanya sebagian kecil saja dari budaya yang ada di Indonesia.

Dikatakannya Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan lebih dari 300 etnik memiliki kebersamaan dalam keanekaragamannya yang tertuang dalam semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai murid sekolah seni diharapkan siswa dapat membuka wawasan dan menjadikan budaya Indonesia sebagai salah satu sumber inspirasi dalam membuat hasil karya-karya seninya.

Oleh karena itu, Duta Besar RI mengajak siswa-siswi melihat langsung budaya tersebut di Indonesia bersama orang tuanya masing-masing dalam liburan musim panas tahun depan.

Selain menampilkan pagelaran Degung Sunda, dimainkan pula musik keroncong, tarian tradisional dari daerah Indonesia serta presentasi singkat mengenai Indonesia dan wayang yang dibawakan dalam bahasa setempat.

Para siswa-siswa dan staf pengajar dari sekolah tersebut semakin tertarik akan budaya Indonesia karena sebagian besar para penari dan pemain musik adalah warga Hongaria, mantan penerima beasiswa Darmasiswa RI dan anggota Sanggar KBRI Budapest.

Direktur Sekolah Seni Tomorkeny, Mrs. Horvathne Szabo Eva menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Duta Besar RI Budapest beserta Tim Seni Budaya Indonesia yang bersedia berkunjung dan memperkenalkan langsung kepada para siswa-siswanya.

Kegiatan tersebut adalah yang pertama kali berlangsung di sekolah Tomorkeny dan diharapkan even ini dapat dijadikan kegiatan tahunan karena sangat bermanfaat bagi para siswa siswi untuk menambah wawasan seni budayanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *