Eulis Raih Emas Di Piala Presiden Taiwan

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Atlet taichi asal Bandung, Jawa Barat Eulis Komariah kembali mengharumkan nama Indonesia setelah berhasil meraih satu medali emas di ajang President Cup 2015 di Taichung, Taiwan.

“Alhamdulillah perjuangan saya selama dua hari membawa hasil,” kata atlet taichi yang sehari-hari bekerja sebagai perawat orang jompo di Pingtung County itu dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan Antara di Jakarta, Rabu.

Bacaan Lainnya

Dalam kejuaraan yang berlangsung di kampus National Chung Hsing University, Taichung, perempuan berusia 46 tahun tersebut meraih medali emas dari nomor kompetisi memeragakan 54 jurus pedang.

Selain itu, Eulis menduduki juara harapan II kompetisi memeragakan 37 jurus.

Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Eulis karena peserta kejuaraan tersebut semuanya berasal dari Taiwan.

Sebelumnya, dia juga berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Kejuaraan Dunia Taichi di Taipei pada 18-19 Oktober 2014 dengan memborong tiga medali emas dan satu medali perak.

Prestasi Eulis pada tahun 2014 lebih bagus karena pada kejuaraan yang sama di Touyuan dua tahun sebelumnya hanya mendapatkan dua medali perak.

Di sela-sela kesibukannya merawat orang tua jompo di kota pelabuhan yang berjarak sekitar 300 kilometer arah selatan Ibu Kota Taiwan di Taipei itu, dia mengajarkan jurus-jurus taichi kepada para nelayan asal Indonesia.

Taichi bukan sekadar olahraga bela diri, jelas dia, melainkan juga salah satu seni olah pernafasan yang berkembang di Tiongkok sejak dahulu kala.

Dia belajar taichi sejak 4,5 tahun yang lalu dari majikannya, Liu Yushia. Kini hampir setiap kejuaraan taichi digelar di Taiwan, Eulis yang tercatat sebagai mahasiswi Universitas Terbuka itu selalu ambil bagian dengan membawa nama Indonesia.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *