Ganjar Ambil Gambar Pejabat PNS Pemprov yang Gunakan Mobil

  • Whatsapp
Gubernur Ganjar Pranowo memotret mobil PNS yang bandel.
Gubernur Ganjar Pranowo memotret mobil PNS yang bandel.

SEMARANG, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo rupanya tak main-main menerapkan surat edaran pelarangan menggunakan kendaraan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Hal itu dibuktikan dengan memotret para PNS yang kedapatan masih menggunakan mobil pada Jumat (27/11) kemarin.

Ganjar berkeliling untuk mengecek beberapa tempat parkir. Di halaman depan terlihat hanya ada beberapa mobil yang di parkir. Kemudian di halaman belakang, terlihat sejumlah mobil yang terparkir.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, Ganjar telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 550/54 Tahun 2015 pada 29 September lalu, tentang Penerapan Hari Bebas Kendaraan Bermotor bagi Instansi Pemprov Jateng tahun 2015-2020. Pemberlakuan perdana SE tersebut sudah dilakukan 30 Oktober lalu. Jumat kemarin merupakan kali kedua pelarangan menggunakan kendaraan ke kompleks Gubernuran tersebut.

Sesuai poin keempat huruf a SE tersebut, untuk triwulan pertama setelah penetapan SK, hari tanpa motor dilaksanakan oleh PNS Pemprov Jateng pada Jumat pekan keempat setiap bulan. Di triwulan kedua, kebijakan dilakukan pada Jumat pekan ketiga dan keempat. Di triwulan ketiga, aturan mulai diterapkan setiap Jumat.

Dalam SE tersebut, kendaraan dinas boleh digunakan jika PNS mendapat tugas di luar lingkungan kerja. Bukan hanya itu, penggunaan kendaraan untuk keperluan tugas luar juga wajib memperoleh persetujuan atasan masing-masing.

Ganjar juga mengecek kendaraan yang terparkir di sekitar Taman Menteri Supeno atau Taman KB. Dengan ponselnya, Ganjar memotret setiap mobil yang diduga milik PNS Pemprov Jateng dan terparkir di sekitaran Taman KB.

Saat mengecek di sekitaran parkir di depan SMA Negeri 1 Semarang, Ganjar mendapat informasi dari tukang parkir di kawasan tersebut, bahwa dari puluhan mobil yang terparkir itu sebagian di antaranya adalah milik PNS Pemprov Jateng.

“Yang punya mobil ini, besok Senin menghadap ke ruangan saya,” tulis Ganjar pada selembar kertas, kemudian menempelkannya ke kaca mobil bagian depan pada kendaraan yang diketahui milik PNS Pemprov. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *