Rio Haryanto Start Baris Ketiga “Feature Race” GP2 UEA

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – PebaLap nasional Rio Haryanto bakal memulai start pada baris ketiga race pertama (feature race) seri terakhir atau ke-11 lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (28/11).

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Sabtu pagi, menyebutkan pada babak kualifikasi yang dimainkan di tempat yang sama Jumat (27/11) waktu setempat Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racing berada di posisi keenam.

Bacaan Lainnya

Pebalap asal Solo, Jateng, yang mendapat dukungan Pertamina tersebut berada di posisi keenam dengan catatan waktu 1:48.429, sedangkan satu timnya di Campos Racing, pebalap asal Prancis Arthur Pic berada di posisi ke-14 dengan catatan waktu 1:49.110.

Posisi pertama diraih pebalap tim DAMS P Gasly (1:47.769), disusul Stoffel Vandoorne dari ART Grand Prix (1:47.866), sedangkan ketiga adalah M Evans dari tim Russian Time (1:48.014).

Dengan hasil tersebut, pebalap berusia 22 tahun ini akan memulai “feature race” atau balapan pertama pada hari Sabtu waktu setempat dari baris ketiga dan berpeluang naik ke atas podium.

Rio yang berlomba dengan dukungan Pertamina mengambil banyak pelajaran dari sesi latihan bebas sekitar delapan jam sebelum babak kualifikasi.
rio-haryanto 2
Berbagai setelan mobil mengalami perubahan, dari rem hingga rasio gigi. Kondisi trek pun dapat berbeda drastis pada setiap sesi di Abu Dhabi. Perbedaan temperatur udara dan trek antarsesi bisa mencapai 10 derajat Celsius.

Pada babak kualifikasi, Rio telah mengungguli rekan setimnya di Campos Racing, Arthur Pic, yang hanya mendapat grid ke-14. Adapun pesaing terdekat Rio di klasemen, Alexander Rossi dan Sergey Sirotkin masing-masing menempati grid ke-7 dan 12.

Sebelum menjalani sesi ujicoba F1 ketiga kalinya pada tanggal 1 Desember mendatang, Rio akan menghadapi dua balapan terakhir di GP2 terlebih dahulu pada akhir pekan ini.

Rio Haryanto mengatakan bahwa hasil yang telah dicapai pada babak kualifikasi ini akan menjadi sangat krusial dalam perebutan posisi klasemen akhir.

“Sangat penting bagi saya untuk finis di depan para pesaing terdekat saya di klasemen. Posisi star keenam merupakan awal yang cukup baik untuk menghadapi ronde terakhir GP2 Series musim ini. Saya harap dapat segera kembali mengibarkan Merah Putih di puncak podium,” katanya.

Seri ke-11 di Sirkuit Yas Marina ini menjadi seri terakhir lomba balap mobil GP2 Series 2015. Sekarang ini Rio Haryanto berada di posisi keempat klasemen sementara dengan total nilai 132, sedangkan posisi ketiga diraih Sergey Sirotkin dari tim Rapax dengan total nilai 139, kemudian kedua adalah Alexander Rossi dari tim Racing Engineering dengan total nilai 169,5, sedangkan posisi puncak diraih Stoffel Vandoorne dari tim ART Grand Prix dengan nilai 316,6.

Secara tim, Rio Haryanto dan Arthur Pic di tim Campos Racing berada di posisi keempat dengan nilai 192, kemudian posisi ketiga diraih tim DAMS dengan nilai 202, posisi kedua adalah Racing Engineering dengan nilai 221,5, sedangkan posisi pertama diraih tim ART Grand Prix dengan nilai 385.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *