DKP: Penghargaan Kementerian Menjadi Tantangan Pengembangan Perikanan

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi mengatakan penghargaan Adibakti Mina Bahari yang diterima dari kementerian menjadi tantangan dalam mengembangkan sektor kelautan serta perikanan.

“Inovasi dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan itu diperlukan sebagai upaya mewujudkan kemandirian pangan yang tangguh dan berkelanjutan,” katanya di Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, pencapaian prestasi Provinsi Jateng sebagai juara umum Adibakti Mina Bahari merupakan kerja keras seluruh pemangku kepentingan kelautan dan perikanan.

“Jateng meraih penghargaan di hampir semua kategori, bahkan Pemerintah Kota Tegal meraih penghargaan pada kategori pemerintah daerah lendukung pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan terbaik,” ujarnya.

Penghargaan diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, kepada Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala DKP Jateng Lalu M. Syafriadi pada puncak leringatan Hari Nusantara 2015 di Pelabuhan Perikanan Lampulo, Kota Banda Aceh, Minggu (13/12).

Penghargaaan Adibakti Mina Bahari diberikan kepada individu, kelompok pelaku usaha perikanan, dan unit pelaksana teknis lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan 2015.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan motivasi, kontribusi, dan peran serta pemangku kepentingan serta UPT dalam peningkatan produktivitas kegiatan ekonomi, pengembangan usaha perikanan, serta pelestarian sumber daya ikan maupun lingkungan.

Melalui penghargaan dari KKP yang diberikan tersebut dapat lebih merangsang dan memberikan apresiasi bagi para pihak yang peduli dengan keberlangsungan sektor kelautan dan perikanan.

Sejumlah kategori penghargaan yang diraih UPT di Jateng adalah Pelabuhan Perikanan Teladan (Pelabuhan Morodemak Kabupaten Demak), UMKM Pengolahan Hasil Perikanan Terbaik (Mutiara Gading Kabupaten Brebes), kelompok pembudidaya ikan udang (Pokdakan Mina Loka Jaya Kabupaten Purworejo), kategori unit pelayanan pengembangan (UPP Mitra Usaha Mina Kabupaten Grobogan).   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *