Pencairan Dana Desa Tahap III Belum Jelas

  • Whatsapp

BOYOLALI, Jowonews.com – Tahun 2015 tinggal dua pekan lagi. Namun pencairan dana desa tahap III sebesar 20% hingga kini belum ada kepastian. Pasalnya, Pemkab Boyolali masih menunggu transfer dana itu dari pemerintah pusat.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Boyolali, Arief Wardianta, mengatakan dari pemerintah desa semua sudah mengajukan pencairan dana desa tahap III ini ke Pemkab Boyolali. “Semua pengajuan pencairan dari pemerintah desa besok akan kami sampaikan ke Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes). Jika sudah ada transfer dana desa dari pusat, kemudian kami ajukan ke DPPKAD,” kata Arief kepada wartawan Kamis (17/12).

Bacaan Lainnya

Hanya saja, lanjut dia, dari informasi terakhir yang diterimanya, dana desa tahap III belum ditransfer ke daerah. Pemkab Boyolali sudah beberapa kali menanyakan ke kementerian, tetapi belum ada jawaban pasti. Pihaknya mentargetkan dana desa di Boyolali bisa terserap 100%.

Sejak awal Desember 2015 lalu, pemerintah desa sudah diminta segera mengajukan pencairan dana desa tahap III. Namun demikian, pemerintah desa juga harus komitmen untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan dana desa tahap I dan II termasuk penggunaan alokasi dana desa, maksimal 28 Desember 2015.

Tahun 2015 ini, Kabupaten Boyolali memperoleh dana desa sebesar Rp 72,54 miliar untuk 261 desa. Pencairannya dibagi dalam tiga tahap, yakni 40%, 40% dan terakhir 20%. “Dana desa tahap III Rp 14,5 miliar,” jelas Arief.

Arief mengaku dampak belum cairnya dana desa hingga saat ini. Meski nantinya sudah cair, dana desa itu berpotensi menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa), jika pemerintah desa tidak bisa merealisasikan anggaran itu untuk keperluan yang sudah diprogramkan.

“Karena keterbatasan waktu, dana itu menjadi Silpa ya tidak apa-apa. Yang penting Silpa tidak lebih dari 30%. Kalau yang bisa langsung ngecakke (merealisasikan anggaran) ya monggo,” tandasnya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *