Ekonom: Sektor Pariwisata Berperan Pada Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Ekonom Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Ika Rahutami menyatakan sektor pariwisata berperan pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Pariwisata ini bisa menjadi salah satu sektor alternatif di samping industri manufaktur untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” katanya di Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, kondisi pariwisata di Jawa Tengah masih perlu pembenahan. Bukan hanya pembenahan dari sisi tempat tetapi juga dari sisi budaya.

“Kenapa pariwisata di Pulau Bali bisa lebih maju dibandingkan Jawa Tengah, karena di sana kemasannya sudah baik, ada keterkaitan antara wisata dengan budaya,” katanya.

Budaya dalam hal ini bukan hanya terkait dengan kesenian tetapi juga budaya masyarakat. Menurut dia, kondisi tersebut belum secara optimal dapat diterapkan di Jawa Tengah.

“Masih banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang kurang bisa memelihara tempat wisata dengan baik. Misalnya mereka melakukan coretan-coretan di dinding-dinding tempat wisata tersebut,” katanya.

Oleh karena itu, Ika mengatakan perlu adanya edukasi yang tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah tetapi juga keluarga.

“Edukasi ini harus diberikan sejak usia dini, mereka melakukan perjalanan wisata kan dengan keluarganya. Jadi dalam hal ini keluarga yang memiliki peran penting untuk memberikan edukasi kepada anak-anak,” katanya.

Sementara itu, pihaknya juga berharap agar baik Pemerintah maupun masyarakat mulai menyadari bahwa Jawa Tengah memiliki potensi besar dari sisi kepariwisataan.

“Ini harus dikemas secara utuh, di antaranya harus ada unsur infrastruktur, akses yang mudah, dan budaya masyarakat setempat,” katanya.

Menurut dia, pada dasarnya masyarakat setempat harus lebih dulu mencintai wisata yang ada baru kemudian orang luar akan tertarik untuk datang. Selanjutnya, keberadaan pengunjung-pengunjung tersebut akan memberikan andil pada pertumbuhan ekonomi.  (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *