Menteri ESDM : Harga BBM Diumumkan Sore Ini

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan bahwa pengumuman kepastian penurunan harga BBM akan disosialisasikan pada Rabu sore.

“Nanti saja saya umumkan sore seusai sidang kabinet,” kata Sudirman Said usai menghadiri penandatanganan Amandemen Sembilan Kontrak Karya dan 12 PKP2B di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Namun, lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pemberlakuan penurunan harga BBM belum tentu pada tanggal 1 Januari 2016, karena masih memberi waktu bagi para penyalur atau distributor BBM agar menyesuaikan pasokan.

“Karena harga minyak masih menurun, maka belum tentu pada tanggal 1 Januari 2016 berlakunya, bisa jadi pada tanggal 5 Januari 2016 agar para pelaku usaha minyak tidak mengalami kerugian,” katanya.

Sementara terkait kebijakan penentuan harga dengan sistem batas atas-bawah hal tersebut masih dibicarakan. “Untuk penentuan batas atas-bawah itu bisa menjadi salah satu solusi, namun masih diperhitungkan aspek-aspeknya,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja mengatakan premium kemungkinan akan turun pada kisaran nominal Rp300 pada Januari 2016.

“Insya Allah akan turun di kisaran Rp200-Rp300 untuk premium,” katanya. Untuk harga solar, lanjut dia, bisa turun lebih dari Rp500 pada bulan Januari 2016.

“Untuk pastinya, besok (Rabu 23/12) akan diumumkan secara resmi, jadi tunggu saja info pasnya,” kata Wiratmadja.

Ia juga menjelaskan adanya kebijakan batas atas dan bawah untuk penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Banyak negara menerapkan hal tersebut, maksudnya ketika harga turun di bawah sekali, ada batasan yang harus menjadi patokan, begitu juga sebaliknya, itu bisa menjadi solusi yang baik,” katanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *