Disdikpora Gunung Kidul Berlakukan UNBK 22 Sekolah

  • Whatsapp

GUNUNG KIDUL, Jowonews.com – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberlakukan ujian nasional berbasis komputer pada 22 sekolah di wilayah ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Senin, mengatakan sebanyak 22 sekolah di Gunung Kidul terdiri atas empat sekolah menengah pertama (SMP), enam sekolah menengah atas (SMA), serta 12 sekolah merupakan sekolah kejuruan.

Bacaan Lainnya

“Pada 2016, jumlah yang menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu, tahun lalu hanya ada 7 sekolah yang melaksanakan UNBK,” kata Bahron.

Ia mengatakan setiap tahun pihaknya akan melakukan penambahan. Namun juga melihat kesiapan sekolah dari sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Kami terus melakukan verifikasi terhadap sekolah yang siap melaksanakan UNBK, bisa saja jumlah itu akan bertambah. Kemungkinan yang bisa khususnya SMK,” katanya. Bahron mengatakan sekolah yang ditunjuk sudah mulai persiapan mulai dari operator dan sosialisasi kepada siswa yang akan melakukan ujian.

“Nantinya juga akan dilakukan simulasi kepada siswa,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya berusaha melakukan perbaikan terkait UNBK di Gunung Kidul karena tahun lalu sempat ada kendala meski tidak mengganggu kelancaran, namun tetap menjadi catatan tersendiri. Selain itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak PLN terkait ketersidaan listrik selama ujian berlangsung.

“Sekolah juga menyediakan genset untuk mengantisipasi jika listrik padam,” katanya.

Dia berharap dengan kesiapan yang ada tidak ada kendala dalam UNBK pada tahun ini. “Semoga semua persiapan lancar, dan saat pelaksanaan tidak ada kendala,” katanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *