Dewan Akan Evaluasi Rutin Program Pemprov

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Kalangan DPRD Jawa Tengah berjanji rutin melakukan evaluasi terhadap program dan anggaran yang dijalan Provinsi Jawa Tengah tahun 2016. Langkah ini dilakukan agar penyerapan anggaran APBD Pemprov Jateng tahun 2016 bisa optimal. Sehinga berbagai program tersebut benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman mengatakan, APBD 2016 sudah ditetapkan. Semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus cepat bergerak untuk merealisasikan program masing-masing.. Salah satunya harus cepat lelang. Jadi ketika semua sudah bergerak, Februari bisa langsung dimulai,” katanya, Rabu (30/12).

Bacaan Lainnya

Pihaknya menegaskan, bakal melakukan evaluasi rutin dan mengawasi setiap program di masing-masing SKPD. Sehinga program Pemprov Jateng yang sudah direncakan 2015 itu bisa berjalan maksimal. Minimal dua bulan sekali evaluasi program dilakukan di masing-masing SKPD dengan DPRD. “Pengawasan ini penting dan sesuai dengan tugas kami. Agar program yang dijalankan bisa sesuai target,” tambahnya.

Sukirman menambahkan, dalam APBD Jateng 2016,  nominal pendapatan daerahnya sebanyak Rp 22,026 triliun dan belanja daerahnya Rp 22,426 triliun. Sehingga defisit Rp 400 miliar.  Pihaknya ingin semua dikerjakan sesuai target agar penyerapan anggaran bisa cepat tersalurkan. “Sehingag ini bisa meminimalisir adanya Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Sebab, pada 2015 ini banyak anggaran yang tidak terserap,” tambahnya.

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng segera memulai program yang sudah direncakan. Terutama pelaksanaan berbagai lelang proyek-proyek, agar tidak terjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa).

Pihaknya ingin agar semua program untuk mensejahterakan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat benar-benar menjadi periorotas. “Awal tahun pelaksanaanya harus sudah dilakukan. Jadi pelaksanaan proyek akan mempunyai waktu yang lebih lama dan hasilnya lebih bagus,” katanya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *