Pemkot Semarang Serius Merevitalisasi Kota Lama

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Revitalisasi Kota Lama sudah digulirkan sejak lama oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Namun hingga kini belum ada perubahan yang mencolok pada perwajahan Kawasan Kota Lama.

Kini Pemkot Semarang bersama Pemprov Jateng kembali akan membuat Kota Lama menjadi destinasi kunjungan wisatawan. Hal iu disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat menghadiri  Malam Pentas Akhir Tahun 2015 Semarang di titik nol Kota Semarang, Kamis (31/12) malam.

Bacaan Lainnya

Selain Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto, acara ini juga dihadiri Forkopinda Jateng. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan lounching Revitalisasi Kota Lama ditandai pemukulan gong elektrik oleh Gubernur Jateng

“Revitalisasi ini diperlukan partisipasi dari para pemilik gedung. Targetnya adalah tertata kawasannya, teridentifikasi kepemilikannya, serta terdapat pembentkan sektor-sektor dalam perencanaan per wilayah,” ujar Ganjar Pranowo.

Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto menuturkan, untuk mendukung revitalisasi itu, tahun 2016 Dinas Bina Marga akan melakukan perbaikan jalan dan penambahan interior jalan di Kawasan Kota Lama. “Terdapat anggaran sebesar Rp68 milyar untuk perbaikan Jalan Merak serta 30 miliar untuk perbaikan jalan Mpu Tantular baik dari APBD Kota, provinsi, maupun pusat,” terangnya.

Untuk Jalan Merak pasca perbaikan, pihaknya akan melakukan pembatasan tonase guna pemeliharaan jalan. Selain itu terkait sejumlah bangunan di Kota Lama yang berpemilik, pihaknya akan melakukan pendataan. Saat ini dari 100 bangunan baru 47% yang sudah teridentifikasi dan akan mulai ditata.

Bersamaan ini diharapkan seluruh warga masyarakat dapat memulai dengan semangat gotong royong, kebersamaan dan kekompakan  untuk membangun Kota Semarang sehingga kesejahteraan akan meningkat. “Selain itu Kota Lama ini akan menjadi salah satu icon wisata herritage kota Semarang yang menjadi kebanggaan dunia,” tandas Pj. Walikota.

Kemarin perayaan pergantian tahun Kota Semarang berlangsung meriah yang berpusat di titik nol Kota Semarang. Diawali dengan doa bersama yang dihadiri oleh Pj. Walikota Semarang, Muspida, Sekda, SKPD, Camat, Kepala Sekolah di loby kantor Walikota yang dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Pj. Walikota Semarang Tavip Supriyanto dan diserahkan kepada Dandim 0733 BS Kota Semarang.

Kegiatan pergantian tahun berlangsung sangat meriah karena dihibur aluran musik dangdut, musik rock dengan menampilkan Utopia, Yoda Idol, serta lokal tallent OM Dewandaru, Absurdnation, V-Pazt. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *