Lima Ruas Jalan Sekitar Bandara Segera Diperbaiki

  • Whatsapp
jalan magelang rusak. (Foto : magelang online)
jalan magelang rusak. (Foto : magelang online)

BOYOLALI, Jowonews.com – Lima ruas jalan disekitar Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo dan Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, akan segera diperbaiki. Perbaikan jalan itu menggunakan anggaran dari Pemprov Jateng sebesar Rp 15 miliar. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Boyolali, M Qodri, menjelaskan lima ruas jalan yang akan diperbaiki. Meliputi ruas Mangu – Ngemplak sepanjang 4,6 km; Mangu – Tanjungsari 1,7 km; Tanjungsari – Sawahan dengan panjang 2,5 km. Kemudian ruas jalan Donohudan – Gagaksipat sepanjang 1,8 km dan Embarkasi – Gorongan sepanjang 1 km.

Bacaan Lainnya

“Semuanya di wilayah Kecamatan Ngemplak,” kata M Qodri kepada wartawan Senin (4/1). 

Perbaikan jalan khususnya di ruas jalan yang mengalami kerusakan itu kualitasnya ditingkatkan dengan cara diaspal. Rencananya, perbaikan jalan dimulai pada Maret setelah melalui serangkaian proses koordinasi, penetapan, perencanaan dan pelaksanaan lelang.

Hasil koordinasi DPU dan ESDM Boyolali dengan Provinsi Jateng, lanjut Qodri, semua jalan di sekitar bandara dan embarkasi haji mendesak untuk ditingkatkan kualitasnya.

Perbaikan diutamakan di tuga ruas, yakni Tanjungsari – Sawahan, Donohudan – Gagaksipat dan Embarkasi – Gorongan. Seangkan perbaikan dua jalan lainnya, dikerjakan setelah pembahasan APBD Perubahan 2016.  

Kondisi jalan disekitar bandara Adi Sumarmo tampak mengalami kerusakan disejumlah tempat aspalnya berlubang. Bahkan ada yang berlubang sedalam sekitar 20 cm dengan diameter bervariasi.

Kondisi ini cukup rawan terjadi kecelakaan lalulintas, khususnya pengendara motor bisa terperosok. Apalagi saat turun hujan, jalan yang berlubang terendam air sehingga menyulitkan pengendara sepeda motor. 

Penjabat Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih, mengatakan perbaikan jalan di sekitar bandara dan embarkasi itu mendesak dilakukan. Pasalnya kondisinya sudah banyak yang berlubang. Apalagi, bandara Adi Sumarmo merupakan pintu gerbang wisata di kawasan Solo Raya dan setiap tahun digunakan untuk pemberangkatan jamaah calon haji.

“Bandara itu pintu gerbang wisata di kawasan Solo Raya. Lagi pula jalan-jalan itu juga sering dilalui Presiden Joko Widodo kalau pulang kampung atau kunjungan ke wilayah Solo Raya,” kata Sri Ardiningsih kepada wartawan. (JN01/JN03) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *