Arca di Kadireso Bodhisatwa

  • Whatsapp

BOYOLALI, Jowonews.com – Hasil identifikasi awal, temuan arca di Dukuh Ngares, Desa Kadireso, Kecamatan Teras, Boyolali adalah arca Bodhisatwa. Saat ini arca tersebut sudah dibawa ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng di Prambanan untuk diidentifikasi lebih lanjut. 

Kepala BPCB Jateng, Sri Ediningsih, mengatakan sudah mengambil arca tersebut dari rumah warga yang menemukan, Supardianto. Selanjutnya, arca setinggi 83 cm, lebar 68 cm, dan tebal 16,5 cm itu akan diidentifikasi tentang asal-usulnya. Namun berdasar identifikasi awal, dari bentuk dasar, arca tersebut bukanlah arca Dewa Syiwa maupun Dewi Sri sebagaimana yang dikira masyarakat. 

Bacaan Lainnya

Dari bentuk dasar, itu adalah arca Bodhisatwa yang merupakan peninggalan peradaban Budha. “Hasil identifikasi awal, arca itu bukan arca syiwa atau dewi sri. Tetapi kemungkinan besar itu adalah arca Bodhisatwa,” kata Sri dihubungi wartawan Kamis (7/1). 

Melihat kondisinya, Sri menduga arca tersebut belum selesai dibuat. Hal ini melihat kondisi fisik arca yang masih kasar, tidak seperti arca-arca serupa lainnya. Selain itu pahatannya terlihat belum selesai. 

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boyolali, Mulyono Santoso, mengatakan setelah mendapat laporan adanya penemuan arca tersebut, langsung berkoordinasi dengan BPCB Jateng di Prambanan. Hal ini dilakukan lantaran pihaknya tidak memiliki tenaga ahli yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi benda cagar budaya. 

“Arca itu sudah diambil oleh BPCB Jateng untuk diidentifikasi lebih lanjut,” kata Mulyono Santoso kepada wartawan. 

Kini pihaknya menunggu hasil identifikasi terhadap arca itu, oleh BPCB Jateng. (JN01/JN03) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *