Lupa Mematikan Tungku, Rumah Terbakar

  • Whatsapp
Pasar Johar kebakaran. (Foto: IST)
Pasar Johar kebakaran. (Foto: IST)

UNGARAN, Jowonews.com– Rumah milik Suratno, 51, warga Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Kamis (7/1) terbakar. Kebakaran tersebut berasal dari api tungku di dapur rumah semi permanen yang belum dimatikan.

Tidak ada korban jiwa, sebab saat kejadian rumah seluas 150 meter persegi itu dalam keadaan kosong karena pemilik pergi mencari rumput untuk pakan ternak.

Bacaan Lainnya

Saksi dalam kejadian itu Abdul Jalil, 35, mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu pemilik rumah, Suratno sedang bekerja, sedangkan istrinya, Puji, 46,sedang mencari rumput untuk pakan ternaknya. Warga mengetehaui kebakaran karena melihat asap disusul api dari bagian dapur rumah tersebut.

“Keluarga itu masih memasak pakai tungku, kemungkinan usai memasak api tidak benar-benar dimatikan. Sehingga api merembet dan membakar rumah tersebut,” tuturnya.

Api dengan cepat membakar tumpukan kayu bakar yang ada disamping tungku. Selanjutnya api menjalar ke seluruh bagian dapur dan kamar. Beruntung warga segera melakukan upaya pemadaman sembari menunggu petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang sampai di lokasi kejadian. Warga juga berupaya menyelematkan barang-barang berharga yang ada di dalam rumah.

“Kebakaran tersebut disebabkan karena api dari tungku kayu bakar,” tutur Kapolsekta Ungaran, Kompol Suparji.

Kompol Suparji menghimbau agar warga meningkatkan kewaspada dalam segala hal baik tindak kriminalitas maupun bencana kebakaran. Untuk bahaya kebakaran warga diminta meneliti kompor sebelum meninggalkan rumah, termasuk menjauhkan lilin menyala dari barang yang mudah terbakar. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *