Senin, Lapak Pedagang Pasar Johar Diundi

  • Whatsapp
Hangus. Walikota Semarang Hendrar Prihadi terjun langsung melakukan evakuasi kebakaran Pasar Johar. (Foto: Hendrar Prihadi)
Hangus. Walikota Semarang Hendrar Prihadi terjun langsung melakukan evakuasi kebakaran Pasar Johar. (Foto: Hendrar Prihadi)

SEMARANG, Jowonews.com – Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko memastikan pengundian tempat lapak relokasi para pedagang Pasar Johar di dekat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), digelar pada Senin (11/1).

“Kami sudah memastikan pengundian lapak untuk para pedagang korban kebakaran, Senin mendatang. Pengundian berdasarkan zona-zona pedagang,” kata Trijoto.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, pengundian lapak dilakukan secara bertahap hingga sampai selesai. “Pengundian  disesuaikan dengan jumlah pedagang,” katanya tanpa menyebut jumlah pedagang tiap kali pengundian.

Menurutnya, pedagang Johar yang akan menempati lapak relokasi di dekat MAJT lebih dari 4.500 pedagang dari berbagai kelompok dan dari berbagai jenis barang yang didasarkan.

“Data pedagang semua sudah masuk dan ada sejumlah pedagang yang belum mengumpulkan data, tetapi Dinas Pasar tetap menunggu dan mencari pedagangnya untuk mengumpulkan data atau surat-surat, sehingga semua lengkap,” pintanya.

Sebelum pengundian lapak, Dinas Pasar terlebih dahulu mensosialisasikan tata tertib pengundian agar tidak terjadi komplain, maka pedagang yang memiliki lebih dari satu lapak bila mendapat nomor undian  bisa langsung memilih lapak di sekitarnya tinggal memilih di kanan atau kiri atau depan atau belakang.

Lalu, lapak yang sudah dipilih diblok warna dan nomor yang sudah diblok, tanda sudah ada pemiliknya, tak bisa dimiliki pedagang yang mendapat nomor yang sudah diblok tersebut, sehingga nomor undian diambil lagi.

“Kami sosialisasikan tata tertib ini untuk menghindari komplain para pedagang, yang mendapat nomor tetapi sudah ada pemiliknya, sehingga diulang untuk memperoleh tempat lainnya,” tambah Trijoto Sardjoko.

Dikatakan, para pedagang yang masuk ke relokasi lapak kawasan MAJT, sudah tinggal masuk dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Mulai dari tempat bongkar muat barang, air bersih serta penerangan dan ukuran lapak yang tersedia.

Dinas Pasar, kata Trijoto, juga menindaklanjuti dengan penghijauan di sekitar kawasan lapak agar lokasi relokasi pedagang korban kebakaran 9 Mei 2015 lalu, teduh dan asri. Pedagang juga tidak dipungut biaya retribusi.

“Kami juga akan melakukan penanaman pohon agar sekitar relokasi menjadi  teduh, sehingga para pedagang nyaman di tempat relokasi, dan pengunjung juga nyaman berbelanja di relokasi MAJT,” katanya.

Trijoto juga berharap agar akses Jalan Relokasi dari Jl Arteri Soekarno – Hatta bisa menembus hingga sampai ke Jalan Jolotundo sehingga lokasi relokasi pedagang Johar semakin strategis dan pengunjung bisa nyaman berkunjung ke relokasi para pedagang di MAJT.

Terpisah, Sekretaris Persatuan Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) Kota Semarang Surahman saat dikonfirmasi menyatakan belum tahu soal rencana Dinas Pasar akan melakukan pengundian lapak.

“Saya belum tahu masalah pengundian lapak dilakukan. Surat atau informasi juga belum disampaikan ke PPJP,” kata Surahman. Dia berharap sebelum dilakukan pengundian, PPJP ingin ketemu dengan Dinas Pasar untuk menyampaikan keluhan masalah pengelompokan di lapak yang dinilai belum sesuai dengan keinginan para pedagang. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *