Ritel Harus Tampung Produk UMKM

  • Whatsapp

SALATIGA, Jowonews.com– Ritel atau  toko-toko modern yang ada di Salatiga harus mau menampung dan menjualkan produk-produk UMKM atau prodeuk lokal di gerainya. Bila tidak, pemkot harus tegas untuk mencabut izinnya.

Demikian diungkapkan anggota DPR/MPR RI Drs Fadholi di hadapan 50-an petani yang akan mengikuti study lapangan di Bawen dan Semarang, kemarin. “Ini penting, biar produk lokal Salatiga bisa berkembang dan bersaing,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, produk-prduk lokal itu juga harus memenuhi standar produk atau menguatamakan segi kualitasnya juga. “ Selain rasanya juga enak, kemasannya juga bagus, sehingga bisa masuk ke toko-toko modern,” imbuhnya.

Dikatakan Fadholi, Salatiga memilii potensi yang besar dalam pengembangan produk hasil pertanian. Bisa itu dalam bentuk makanan ringan dan sebagainya. “Seperti keripik singkong dan sebagainya. Kami sudah membantu alat pemotongnya, dengan harapan produksi bisa lebih banyak dan cepat,” imbuhnya.

Terkait dengan study lapangan para petani Salatiga, agar mereka bisa memberpoleh gambaran dan belajar ke daerah lain yang sudah berasil. “Ke Semarang mengunjungi lahan bua kelengkeng, dimana lahan itu milik pemerintah, kemudian ditanami pohon kelengkeng dan dikelola oleh kelompok tani. Hsilnya dibagi dua. Selain bisa menambah pendapatan daerah, juga pendapatan para petani,” jelasnya.

Sementara Walikota Salatiga, Yuliyanto yang hadir di acara pemberangkatan study lapangan  petani itu mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah-langkah tersebut dan siap berkoordinasi untuk menerapkan hasil study banding di Kota Salatiga. “ Komitmen kami mensejaheraan petani,” tandas Walikota didampingi Kepala Dispertan Ir Mustain.

Terkait dengan kebijakan ritel harus menampung produk UMKM lokasl Salatiga, Walikota menyatakan, kebijakan itu sudah diterapkan sebelum memberikan izin beroperasinya ritel atau toko modern. ”Ya itu sudah kami terapkan, jadi mini market-mini market sudah menjual produk lokal UMKM Salatiga,” imbuhnya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *