Sekda Usul 21 Calon Kada Dilantik di Simpang Lima

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Rencana pelantikan kepala daerah (Kada) hasil Pilkada 21 daerah se-Jateng sedang dipersiapkan. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sri Puryono menginginkan pelantikan tersebut dijadikan satu di Lapangan Pancasila Simpanglima. Sementara, terkait hal teknis dan lainnya, Sekda tengah melakukan konsultasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemdendagri).

“Harapan kita untuk yang tidak bermasalah agar segera dilantik. Tapi (konsultasi di Kemendagri) belum ada persetujuan.Namun wilayah yang tidak masalah, dalam arti tidak ada gugatan di MK (Mahkamah Konstitusi) sudah mengaukan ke kita untuk dilakukan penetapan dan pelantikan,” ungkap Sri Puryono, Rabu (13/1).

Bacaan Lainnya

Sri mengatakan, izin pelantikan para Kada bisa dilaksanakan secara kolektif. Hal itu dikarenakan konsep kolektif lebih menghemat anggaran. Jika memang pelaksanaan tersebut dikabulkan Mendagri, maka akan dilaksanakan seperti pesta rakyat di Simpanglima.

“Nanti biar dipercepat konsultasinya, sehingga ada jawaban. Kami harap dilantik secepatnya, karena kalau dilantik Juni, itu terlalu lama,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan, di Jateng ada empat daerah dengan lima pasangan yang masih melakukan proses hukum terkait gugatan Pilkada di MK.

Mereka yakni, pasangan calon Kada Pakalongan Riswadi dan Nurbalistik, Kabupaten Pemalang Mukti Agung Wibowo dan Afifudin, serta calon Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman dan Djoko Suprapto. Di Pemalang, dua pasangan calon yakni Mukti Agung Wibowo dan Afifudin, serta Muhammad Arifin dan Romi Indiarto. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *