Polda Metro Berusaha Identifikasi Pelaku Teror Bom Sarinah – Starbucks

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan pihaknya telah berhasil mengidentifikasi pelaku teror bom yang meledak di daerah Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

“Kami sudah identifikasi mereka dari kelompok mana, dan sebagian pelaku sudah berhasil diidentifikasi serta diketahui identitasnya,” katanya di Jakarta, Jumat.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, pihaknya saat ini tetap memperkuat keamanan di seluruh objek vital dan lokasi keramaian.

Dia menegaskan, kelompok yang menggelar teror di Starbuck diketahui adalah kelompok Bahrunnaim yang ingin dilihat eksis karena dia ingin memimpin dan mendirikan Katibah Nusantara, dia ingin menjadi pemimpin untuk kelompok ISIS di Asia Tenggara.

“Seluruh korban tewas masih di RS Polri Kramat Jati,” tuturnya.

Kronologis kejadian sebagai berikut, menurut keterangan saksi keamanan gedung Sarinah yang berada di sekitar TKP, pada pukul 10.30 Wib, ada enam orang membawa ransel ingin masuk ke gedung Sarinah dan setelah dilakukan penggeledehan diperkirakan mereka membawa bom, kemudian enam orang tersebut dibawa ke pos polisi Lantas di lampu merah Perempatan Sarinah, selanjutnya tiga orang tersebut langsung meledakan diri di pos lantas dan tiga orang lagi kabur menuju ke dalam Starbuck di gedung Cakrawala.

Setelah tiba di depan Starbuck satu orang meledakkan diri dan yang lainnya menodong orang-orang yang ada di Starbuck dengan senjata. Selanjutnya tiba petugas kepolisian di TKP dan langsung terjadi aksi saling tembak di halaman kafe Starbuck gedung Cakrawala.

Pukul 11.40 WIB, saling tembak selesai dan setelah diperkirakan aman, petugas gabungan kemudian melakukan penyisiran di gedung Cakrawala dan sekitarnya untuk membersihkan serta memastikan apakah masih ada bom atau kelompok teroris yang masih hidup sedang bersembunyi di gedung tersebut.

Pukul 11.44 WIB, Kapolda Metro Jaya memimpin penyisiran di gedung Cakrawala dan memerintahkan agar setiap orang yang ada di tiap-tiap lantai gedung Cakrawala diperiksa dan disuruh buka baju.

Pukul 11.52 WIB, Petugas yang berada di lantai atas gedung Cakrawala kembali mengeluarkan beberapa kali tembakan. Saat itu para petugas gabungan masih melakukan penyisiran di gedung Cakrawala dan melarang semua warga sipil mendekat ke TKP.

Pukul 13.00 WIB, Rombongan Panglima TNI, Pangdam Jaya dan Waka Polri tiba di TKP. Pukul 13.15 WIB, di sekitar TKP (Pos Pol Lantas MH Thamrin dan Starbuck gedung Cakrawala) telah dilakukan oleh TKP oleh Tim Inafis PMJ.

Adapun hasil olah TKP ditemukan barang bukti antara lain : bom rakitan, beberapa tas pinggang, tas punggung, pistol dan beberapa butir peluru.  (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *