Tahun Ini Exit Tol Kauman Mulai Dikerjakan

  • Whatsapp
Kendaraan mencoba melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat, Sabtu (13/4). Penggunaan jalan tol terpanjang se-Indonesia dengan jarak 116 kilometer itu akan dibuka untuk umum mulai Senin (15/6) mendatang. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna/ss/nz/15

SALATIGA, Jowonews.com – Setelah disetujui oleh Pemerintah Pusat, rencana pembangunan exit tol Semarang-Solo (SS) di kasawan Salatiga utara persisnya di Kelurahan Kauman Kidul, akan segera dikerjakan tahun 2016 ini. Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) sebagai pelaksana sudah membuat detail engginering design ( DED).

Menurut Walikota Salatiga, Yuliyanto, pada Kamis (14/1) lalu, Pemkot Salatiga mengundang pihak BPJT, Bina Marga serta dinas terkait rencana pembangunan exit tol yang akan digarap oleh PT Yodya Karya.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan exit tol ini semua dari APBN dan dilakukan oleh pusat. Ibaratnya Salatiga tahu jadi, dan kami mengucapkan terimakasih,” ujarnya. D

Menurutnya, , mulai dari perencanaan, pembebasan lahan dan pengerjaan dilakukan oleh pusat. Keberadaan exit tol di kawasan utara Salatiga mempunyai nilai strategis bagi pengembangan ekonomi masyarakat Salatiga dan sekitarnya.

Karena nantinya, pusat bisnis tidak hanya bertumpu di tengah kota. ”Dengan adanya jalan exit tol, maka akan muncul simpul-simpul ekonomi baru. Kawasan tersebut juga menjadi ramai, dan sbagainya,” ujarnya.

Dijelaskan Walikota, exit tol di Kuaman Kidul itu nantinya, hanya pintu keluar masuk dari arah Semarang, karena untuk keluar masuk ke Solo, sudah ada pintu tol di Barukan-Tingkir.

“Jadi exit tol di Kauman Kidul itu, hanya keluar masuk ke Semarang. Tidak kea rah Solo. Kalau keluar masuk Solo pintu tol Barukan-Tingkir,” jelasnya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *