Catat! Ini 2 Festival Duren Terbesar di Jateng yang Harus Anda Datangi

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Untuk para pecinta buah durian, siap-siap, pasalnya awal tahun 2016 ini akan ada dua festival durian terbesar di Jawa Tengah, yakni festival durian Mijen yang digelar pada 23-24 Januari, dan festival durian Pekalongan pada 31 Januari 2016.

Untuk festival durian Mijen Semarang, pelaksanaan digelar selama dua hari, lebih cepat dibanding dengan festival tahun ini yang berlangsung selama tiga hari, yang akan digelar di lapangan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Bacaan Lainnya

Adapun, kegiatan festival durian konsepnya masih sama, yakni dipadu dengan berbagai acara dan lomba. Ya, tentunya bagi Anda penyuka buah durian tidak akan ketinggalan. Pasalnya, festival ini digelar di sentra durian Mijen. Apalagi festival ini dibuka untuk umum.

Sebagai penambah festival itu, Pemerintah kembali mengadakan lomba Lomba Durian Unggul; Lomba Makan Durian; Lomba Makan Rambutan; Lomba Olahan Pangan Durian pada hari pertama, atau Sabtu, 23 Januari 2016. Sementara hari berikutnya, Minggu, 24 Januari 2016 akan disuguhi parade kesenian kuda lumping disertai dengan lomba menggambar; lomba mewarnai.

Sementara durian yang ditawarkan dalam festival ini ialah durian lokal dari pemilik pohon di Mijen dan sekitarnya. Panitia juga membuka bagi durian luar daerah untuk ikut dalam area festival.

Sepekan kemudian, festival durian kembali digelar di Jateng. Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan menggelar Festival Durian Lolong pada 31 Januari.

Di Pekalongan, panitia festival akan menyiapkan 70 ribu tiket karena jumlah pengunjung festival tahun ini diperkirakan jauh lebih banyak daripada tahun lalu.

Sekitar 10 ribu durian dari kebun warga akan disajikan selama festival, yang rencananya digelar di kebun durian Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar.

Disini, para penikmat durian bisa makan buah sepuasnya karena tidak akan dibatasi. Hanya, buah durian tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung Festival Durian Lolong yang memiliki tiket bisa mendapatkan dua hingga tiga durian. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *