Nelayan Jepara Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

  • Whatsapp
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

JEPARA, Jowonews.com – Nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diimbau tetap waspada terhadap gelombang tinggi meskipun saat ini cuacanya relatif cukup mendukung mereka melaut.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jepara Sutana di Jepara, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya tetap mengimbau mereka meski sejak awal 2016 hingga sekarang kondisi cuaca di Laut Jepara relatif dengan ketinggian gelombang kurang dari 1 meter.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lanjut dia, setiap memasuki Januari gelombang laut biasanya relatif cukup tinggi sehingga tidak aman untuk aktivitas mereka di laut karena memasuki musim baratan.

Selama seminggu, kata Sutana, karena kondisi gelombang laut cukup tinggi, para nelayan memilih tidak melaut.

Kondisi berbeda, menurut dia, terjadi pada musim baratan saat ini karena nelayan masih bisa melaut sepanjang hari mengingat sejak Desember 2015 hingga sekarang kondisi gelombang laut masih dalam kondisi normal dan aman untuk melaut.

Meskipun demikian, dia mengingatkan para nelayan maupun masyarakat yang memiliki aktivitas di laut untuk tetap waspada karena saat ini musim baratan yang biasanya ditandai dengan gelombang tinggi.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng, ketinggian gelombang di Laut Karimunjawa pada hari Selasa (19/1) 0,1–0,25 meter dengan kecepatan angin 4–15 knot dan perairan utara Jateng ketinggian gelombang 0,1–0,25 meter dengan kecepatan angin 2–15 knot.

Sementara itu, ketinggian gelombang laut pada hari Senin (18/1) ketinggian gelombang laut di Perairan Karimunjawa 0,1–0,25 meter dengan kecepatan angin 1–15 knot, ketinggian gelombang di Perairan utara Jateng 0,1–0,25 meter dengan kecepatan angin 1–15 meter.

Syahbandar Jepara Suripto menambahkan bahwa cuaca laut di perairan Jepara memang relatif cukup bagus sehingga mendukung untuk aktivitas di laut, termasuk aktivitas penyeberangan kapal penumpang dari Jepara ke Karimunjawa juga lancar.

Pengelola Kapal Express Bahari tujuan Jepara-Karimunjawa juga berulang kali menginformasikan kepada pelanggannya bahwa cuaca laut relatif cukup aman dan siap melayani pemesanan tiket.

Demikian halnya, ketika cuaca laut sedang tidak bersahabat juga sering diinformasikan soal jadwal keberangkatan ditunda atau dipercepat, termasuk ketika ada penundaan keberangkatan.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *