UNS Buka Pengisian Dan Verifikasi PDSS-SNMPTN 2016

  • Whatsapp

Solo, 19/1 (Antara) – Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) mulai membuka pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah dalam rangka Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PDSS-SNMPTN) Tahun 2016.

“Pengisian dan verifikasi PDSS dijadwalkan 18 Januari hingga 20 Februari 2016,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik UNS Prof Drs Sutarno, MSc, PhD kepada wartawan di Kampus UNS Kentingan Solo, Selasa.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan pendaftaran SNMPTN 2016 itu sendiri dilakukan dalam jaringan (daring/online) mulai 29 Februari hingga 12 Maret 2016. Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN mulai 22 Maret hingga 21 April 2016. Sedang proses seleksi dilaksanakan 24 Maret hingga 21 April 2016, dan untuk pengumuman kelulusan SNMPTN pada 10 Mei 2016.

Sutarno mengatakan salah satu persyaratan peserta SNMPTN 2016 adalah memiliki prestasi unggul, yakni calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah A, yang boleh mendaftar sebanyak 75 persen terbaik di sekolahnya.

Ia mengatakan akreditasi B sebanyak 50 persen terbaik di sekolahnya, akreditasi C sebanyak 20 persen terbaik di sekolahnya, dan akreditasi lainnya sebanyak 10 persen terbaik di sekolahnya.

Sutarno mengatakan mengenai kuota SNMPTN di UNS untuk tahun 2016 diturunkan yang semula 50 persen menjadi 40 persen dari total jumlah kuota yang diterima.

Penurunan kuota SNMPTN untuk UNS, didasarkan evaluasi dan uji data pengalaman hasil SNMPTN beberapa tahun terakhir dari tim pusat, ditambah hasil analisis kelompok kerja SNMPTN. Salah satu hasil analisanya, hasil seleksi melalui jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ternyata lebih baik dibanding yang melalui SNMPTN.

Sutarno mengatakan jumlah calon mahasiswa UNS tahun akademik 2016/2017 sebanyak 6.200 mahasiswa. Sedang kuota yang diperuntukkan jalur SNMPTN sebanyak 2.480 calon mahasiswa. Kuota SNMPTN sebanyak itu dibagi secara merata di semua fakultas. “Dengan kata lain, kuota penurunan jalur SNMPTN dirasakan oleh semua fakultas,” katanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *