TPKS Mulai Operasionalkan Infrastruktur Baru

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mulai mengoperasionalkan infrastruktur baru salah satunya perpanjangan dermaga yang belum lama ini selesai dilakukan.

“Belum lama ini kami menyelesaikan perpanjangan dermaga sepanjang 105 meter, jadi total sekarang 600 meter,” kata General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean melalui keterangan resminya di Semarang, Rabu.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, dengan siapnya infrastruktur baru tersebut TPKS sudah dapat melakukan bongkar muat peti kemas yang berada pada tiga kapal yang sandar secara bersamaan.

“Tepatnya pada hari Minggu lalu kami pertama kali melakukan bongkar muat peti kemas dari tiga kapal secara bersamaan dan simultan,” katanya.

Tiga kapal pengangkut kapal peti kemas yang sandar bersamaan pada hari itu adalah MV Everpride dengan panjang atau “lenght over all” (LOA) 182 meter dengan berat 17.887 GT dan membawa peti kemas Evergreen.

Selanjutnya ada MV Northern Diamond dengan LOA 231 meter berat 36.007 GT dan membawa Maerskline, serta Meratus Sibolga dengan LOA 98 meter berat 3.256 GT dan membawa peti kemas Meratus Line.

Sementara itu, untuk melancarkan proses bongkar muat tersebut belum lama ini pihaknya juga mendatangkan dua unit container crane (CC). Jadi, untuk saat ini total alat berat CC yang dimiliki oleh TPKS menjadi tujuh unit.

“Total CC yang kami miliki ini mampu meng’handle’ bongkar muat di tiga kapal yang sandar secara bersamaan,” katanya.

Diharapkan, dengan adanya infrastruktur baru dan tambahan alat berat tersebut, target bongkar muat TPKS untuk tahun 2016 sebanyak 658.000 teus dapat tercapai.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *