Demi Adipura, Pedagang Pasar Ditertibkan

  • Whatsapp

UNGARAN, Jowonews.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang, Kamis (21/1) melakukan penertiban kepada pedagang Pasar Bandarjo, Ungaran. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pembenahan berbagai sisi kota menjelang penilaian Adipura 2016.
Sekitar 25 personil dari Satpol PP dan petugas pengamanan Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkopum) Kabupaten Semarang menertiban lapak-lapak yang masih berjejer di depan Pasar Bandarjo. Selain itu juga menurunkan berbagai spanduk MMT yang bergelantungan dipasar.

Dari operasi ini diamankan dua truk lapak dan MMT dari Pasar Bandarjo yang kemudian diamankan di Kantor Disperindagkopum.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pada Senin (18/1) sudah dilakukan sosialisasi agar pedagang pasar pagi yang berjejer di depan Pasar Bandarjo supaya selesai sebelum pukul 06.00 WIB. Kemudian pedagang diminta untuk masuk kedalam pasar.

Namun pada Kamis (21/1) puku 08.00 WIB, ternyata masih ada pedagang pasar pagi yang berjualan di depan pasar. Terpaksa Satpol PP melakukan menertibkan lapak-lapak ini.

Selama penertiban ini tidak ada perlawanan dari pedagang, meskipun lapak berupa meja kayunya dibawa oleh petugas.

Kabid Pasar dan PKL Disperindagkopum Kabupaten Semarang, Rini Sulistyawati menyatakan kegiatan ini merupakan bagian mempercantik suasana pasar. Karena semestinya lokasi parkir bersih dari pedagang pasar pagi.

“Salah satu titik penilaian merupakan pasar, karena pasar tidak dapat membersihkan dirinya sendiri maka perlu dukungan dari dinas dan Satpol PP,” ujar Rini Sulistyawati disela-sela kegiatan penertiban di Pasar Bandarjo Ungaran, Kamis (21/1).

Rini menilai secara umum pedagang pasar pagi di Pasar Bandarjoo sudah mau mentaati. Meskipun masih ada beberapa pedagang yang nekat berjualan di jam yang telah ditentukan.

“Alhamdulillah setelah kita sosialisasikan sebagian besar mau mentaati, hanya beberapa saja yang masih berjualan. Setelah kita beri pengertian mereka mau masuk ke dalam pasar,” ungkap Rini.

Selain Pasar Bandarjo, Disperindagkopum dan Satpol PP juga akan melakukan penertiban di beberapa pasar lainnya. Seperti Pasar Kembangsari Tengaran, Pasar Projo Ambarawa, dan Pasar Bringin. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *