Pemkot Pekalongan Dorong Pengembangan Budidaya Ikan

  • Whatsapp

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mendorong upaya peningkatan budidaya ikan karena potensial untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan, Pertanian, dan Kelautan (DPPK) Kota Pekalongan, Aries Sidarcahya di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa dengan dibangunnya kawasan “technopark” pengembangan bibit perikanan unggulan akan mendorong peningkatan budiaya ikan.

Bacaan Lainnya

“Kami optimistis pengembangan budidaya ikan ini akan memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat, apalagi dengan adanya kawasan ‘technopark’,” katanya.

Ia yang didampingi Penyuluh Perikanan, Sidiq Pramono mengatakan untuk mendukung pengembangan budidaya ikan, pemkot juga melakukan pengembangan bangsal pakan ikan untuk mendukung pakan mandiri.

“Oleh karena, berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia, kami akan melakukan pelatihan cara budidaya ikan yang baik serta penyuluhan perikanan kepada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, dengan dibangunnya unit pakan ikan maka pembudidaya ikan akan menghemat biaya produksi pakan ikan sekitar 25 persen.

“Selama ini biaya produksi yang dikeluarkan oleh pembudidaya adalah pengeluaran biaya pakan ikan. Oleh karena, dengan adanya unit produksi pakan yang menggunakan bahan lokal kami berharap biaya produksi bisa dihemat,” katanya.

Ia menambahkan unit pakan ikan merupakan pabrik pakan skala kecil yang dibangun di kawasan “Technopark” pasar ikan tradisional di sekitar Pantai Pasirsari.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *