Puting Beliung Sapu Kendal, Belasan Rumah Rusak

  • Whatsapp

KENDAL, Jowonews.com – Angin puting beliung sapu wilayah Kabupaten Kendal. Kurang dari satu menit, puting beliung telah memporak porandakan Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kendal, Minggu (24/1) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebab, saat kejadian pemiik rumah yang roboh sedang pergi menghadiri pengajian. Meski demikian, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Pasalnya, setidaknya, satu rumah milik warga roboh, tiga rusak berat dan belasan lainnya mengalami rusak ringan.

Bacaan Lainnya

Menurut Kunarto (65) warga setempat, angin berhembus cukup kencang dan berlangsung tidak lama. “Angin dari arah barat ini  hanya sekitar satu menit menyapu genteng hingga berterbangan dan menimpa rumah lainnya,” katanya.

Sementara warga lainnya menuturkan, angin awalnya berhembus dari arah timur menumbangkan ranting pohon. “Angin yang berputar kemudian berbalik arah menerjang rumah warga yang berada dekat sawah.  Angin yang berputar-putar berhembus kencang dan tidak kurang dari satu menit,” jelas Ngadiono (54) warga sekitar.

Tim SAR Bahurekso dan aparat TNI yang datang ke lokasi membantu warga dan bergotong-royong memperbaiki rumah yang atapnya tersapu angin.

Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Slamet mengatakan, dari pendataan BPBD hanya tiga rumah yang mengalami rusak parah dan satu rumah roboh.

“Tiga rumah yang rusak parah yakni milik Ropi’I warga RT 5 RW 1, Akwan warga RT 4 RW 2 dan Sugiati warga RT 4 RW 2. Tadi Tim SAR dibantu dengan anggota TNI langsung bersama BPBD Kendal terjun ke lokasi membantu warga dan menyerahkan bantuan logistit kepada mereka yang terkena bencana angin puting beliung tersebut,” tandasnya.(JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *