Tahun ini, Alokasi Pupuk Urea di Jepara Ditambah

  • Whatsapp

JEPARA, Jowonews.com – Kuota pupuk urea di Kabupaten Jepara tahun 2016 ini dipastikan bertambah dari tahun lalu. Jika tahun lalu kuota urea sekitar 22.600 ton, di 2016 ini kuotanya ditambah sekitar 500 ton menjadi 13.100 ton.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Jepara, Wasiyanto mengatakan, meskipun pupuk urea bersubsidi tahun 2015 tersisa, di tahun 2016 ini Kabupaten Jepara justru mendapatkan tambahan kuota dari tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Wasiyanto, penambahan tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah provinsi. Pihaknya mengakui jika tahun 2015 lalu pupuk bersubsidi tersebut memang masih tersisa.  “Untuk yang tersisa tahun 2015 lalu diserahkan kembali ke Pemerintah Provinsi untuk dialihkan ke kota atau Kabupaten lain yang membutuhkan,” ujar Wasiyanto, Senin (25/1) di Geudng DPRD Jepara.

Waisyanto menambahkan, sisa pupuk yang tidak dapat dimanfaatkan tersebut karena musim tanam mundur akibat cuaca yang tak menentu. Jumlah pupuk yang tidak terserap tersebut pun cukup banyak. Meski begitu, tidak berarti kuota pupuk di Jepara tahun ini dikurangi. Justru ditambah karena musim tanam yang seharusnya di bulan November 2015 lalu, mundur di bulan Januari 2016 ini.

“Sekarang pun musim tanam belum bisa serentak. Ada wilayah-wilayah tertentu yang sudah mulai tanam, dan ada pula yang lain belum bisa tanam,” katanya.

Dia menambahkan, untuk area tanam untuk semua jenis tanaman padi sekitar 44-46 ribu hektar dari 78-80 ribu hektar area tanam yang ada di kabupaten Jepara. Selebihnya baru jenis tanaman lain seperti jagung, ketela, tebu dan yang lainnya. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *