Gafatar Kudus Sudah Dipulangkan

  • Whatsapp

KUDUS, Jowonews.com – Warga Kudus yang tergabung dalam Gafatar, hingga kini masih dipantau oleh Kodim Kudus. Hal itu terkait dengan sudah dipulangkan kelompok Gafatar ke daerah masing masing, termasuk juga di Kudus.

Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Arh M.Ibnu Sukelan mengungkapkan, warga Kudus yang tergabung dalam Gafatar sudah dipulangkan ke Kudus. Mengenai kondisinya kini masih dalam pemantauan dari pihak Babinsa setempat.

Bacaan Lainnya

“Babinsa masih memantau dan merangkul, jadi aktifitasnya masih dipantau dengan cara meningkatkan silaturrahmi dengan masyrakat,” katanya.

Mengenai kondisi warga yang tergabung dalam Gafatar, kata dia belum dapat dipastikan apakah mampu berbaur dan kembali ke masyarakat atau bahkan masyarakat yang terseret bergabung kepadanya. Sebab hal itu tergantung dari kesadaran diri sendiri.

Untuk itu, dia menegaskan supaya meningkatkan cinta kepada tanah air yang tidak terbatas waktu. Hal itu dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dalam bermasyarakat.

“Sebelum dipulangkan yang tergabung dalam Gafatar juga mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan yang diselenggarakan provinsi,” tuturnya.

Bagi dia, masyarakat Kudus yang tergabung dalam Gafatar merupakan masyrakat yang mendapatkan cobaan dalam hidup. Namun dalam kasus tersebut mereka memilih dalam hal yang kurang semestinya.

Peran keluarga juga sangat penting dalam mengajak mereka kembali ke masyarakat semula. Diakuinya, bagi  yang sudah dipulangkan mendapatkan beban psikis yang berat karena harus dipaksa pulang ke kampung halaman.

“Untuk itulah butuh peran keluarga guna membantu anggotanya agar dapat suka dengan lingkungannya. Kita arahkan ke hal yang positif sesuai dengan keahlian. Bisa menjadi petani atau sebagainya,” ujarnya.

Secara umum disebutkan, Kudus masih dalam kondisi aman. Terlihat tidak adanya gejolak di masyarakat terkait dengan adanya pemulangan Gafatar. (JN04/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *