Peringati Hari Gizi Nasional, Warga Meteseh Buat Kebun Sehat

  • Whatsapp
Berkebun

SEMARANG, Jowonews.com – Beberapa tanaman seperti bayam hijau, bayam merah, terong, pare, sawi dan cabe menghiasi sepetak tanah yang digunakan wargaDusun Genting RW 6 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang untuk dijadikan sebagai kebun sehat.

Kebun sehat tersebut digunakan untuk mendukung kemandirian program “Kampung Nutrisi” dalam rangka memberikan kontribusi untuk peningkatan gizi balita dengan memanfaatkan potensi tanaman lokal. Kebun sehat yang dikelola oleh para kader posyandu Delima, saat ini dalam masa perawatan akan ditanam kembali dengan bibit kangkung. Kebun Sehat Sudah pernah panen 1 kali sejak penanaman bulan november 2015.

Bacaan Lainnya

Kebun sehat merupakan bagian dari program Kampung Nutrisi kerjasama Yayasan Mardi Waluyo dan PKPU Semarang untuk mengentaskan permasalah gizi balita di daerah Meteseh. Program tersebut berlangsung sejak Februari tahun 2015. Hingga saat ini, keberlangsungan program berjalan dengan baik dan masyarakat cukup kooperatif dalam bekerjasama.

Menurut Nurkhayati selaku Pelaksana Program Kampung Nutrisi dari PKPU Semarang, menuturkan bahwa Program Kampung Nutrisi sudah mulai menampakan keberhasilannya. “Program Kampung Nutrisi sudah berhasil mengentaskan 6 balita gizi buruk dan kurang,  dari 12 balita yang menjadi pemantauan dalam program,” tutur Nur

 Selain itu juga, dengan adanya pelatihan kader posyandu saat ini kader posyandu sudah berhasil mengelola administrasi posyandu dengan baik dan mampu memberikan penyuluhan mandiri di posyandu.

Program Kampung Nutrisi di Meteseh, hingga saat ini sudah melakukan beberapa kegiatan yang diantaranya yaitu, pusat pemulihan balita malnutrisi, pemberian PMT pemulihan, pemberian PMT posyandu umum, penyuluhan, demo masak, kunjungan ke rumah balita malnutrisi bersama dokter dan pelatihan kader posyandu. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *