Pemkot Segera Bangun Terminal Tamansari

  • Whatsapp

SALATIGA, Jowonews.com – Pemerintah Kota Salatiga pada bulan Mei akan mulai pembangunan Terminal Tamansari. Dengan pembangunan terminal angkutan kota (angkot) tersebut, diharapkan semua angkot bisa tertampung dan tidak ada lagi yang ngetem di bundaran Tamansari/depan Mall Ramayana.

“Setelah lama kita gulirkan, akhirnya pembangunan terminal angkot itu disetujui. Di tahun ini, di bulan Mei mungkin sudah bisa dimulai, setelah dilakukan lelang di bulan Maret mendatang,”ungkap Kepala Dishub Kota Salatiga, Adhy Suprapto, Selasa (26/1).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Adhy, terminal angkot tersebut akan dibangun dua lantai dengan anggaran Rp 9 miliar. “Perhitungan awal sejak tiga tahun lalu, anggaran yang dibutuhkan Rp 8 miliar. Namun setelah empat tahun berlalu dan menyesuaikan kenaikan harga material, maka anggaran tersebut sekarang menjadi Rp 9 miliar,” ujar Ady.

Adhy Suprapto juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah membuat detal enginering design ( DED) sejak tiga tahun lalu. Konsep pembangunan terminal angkot tersebut dua lantai. Lantai dasar untuk angkot, sedangkan bangunan loteng untuk kios dan kuliner.

Dengan dibangunnya terminal angkot tersebut, penataan angkot di Kota Salatiga akan semakin mudah. Karena semua angkot nantinya bisa masuk atau ngetem di dalam terminal.

Ia mengakui, selama ini banyak  angkot yang ngetem di bundaran Tamansari (depan Ramayana) yang menggangu arus lalu lintas.

“Kelak jika sudah ada terminal angkot, maka semua harus mangkal di dalam terminal. Yang di depan Ramayana harus bersih dan kami akan bersikap tegas. Memang saat ini banyak yang ngetem di bundaran dan sangat mengganggu arus lalu lintas. Karena terminal sendiri saat ini sudah tidak representatif,” imbuhnya.

Bila terminal angkot sudah dibangun, pihaknya juga akan merubah trayek keluar masuk terminal. Selama ini, angkot  masuk ke terminal lewat pintu selatan dan keluar lewat pintu timur. Nantinya akan dirubah, angkot  jurusn Tingkir ( sekatan) akan keluar via  Kalitaman tembus Krajan dan Blauran. (JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *