Akan Alih Status, 25 KM Jalan di Jepara Belum Standar

  • Whatsapp
JEPARA, Jowonews.com – Sepanjang 25,001 Kilometer jalan di Kabupaten Jepara akan alih status dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi. Terdapat tujuh ruas jalan yang juga akses menuju pelabuhan serta diantaranya merupakan jalan penghubung jalan nasional ruas jalan margoyoso ke jepara.
Kasi Jalan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Karesidenan Pati, Nugroho Santosa yang mendampingi komisi D DPRD jateng saat kunjungan lapangan, Rabu (27/1), menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan permohonan dari Pemerintahan Kabupaten Jepara untuk alih status 25 kilometer jalan di kabupaten tersebut.
“Ini akses jalan yang potensial dilalui transportasi industri, bahkan saat ini sudah sering, hanya kondisi jalannya jelek” pungkas Nugroho. Ia juga menambahkan alasan yang disampaikan Pemkab Jepara lebih kepada pendanaan pemeliharaan jalan tersebut.
Sementar itu Sekretaris Komisi D, Jayus, yang ikut dalam kunjungan lapangan tersebut memberi catatan kondisi eksisting lebar jalan saat ini. “Kalau kami lihat tadi lebar jalan hanya 4-5 meter, padahal standarnya sesuai PP 38 tahun 2004 kan lebar jalan 6-7 meter, ini tentu menjadi konsekuensi tambahan bagi Pemprov” pungkasnya. Namun, kata Jayus, Jepara juga bagian dari Jateng, “Jika fungsi jalan ini vital tentu akan membawa kemajuan juga pada provinsi” tambah anggota Fraksi PAN ini.
Dibawah BPT Karesidenan Pati, hanya 25,001 Km jalan di Jepara inilah yang akan dialihstatuskan. Diantara 25 Km jalan tersebut, terdiri dari ruas jalan Pecanggan – Gerdu sepanjang 4,487 Km, Tedungan – Gerdu sepanjang 3,028 Km, Kedungmalang – Tedungan sepanjang 4,219 Km, kemudian Panggung – Kedungmalang sepanjang 3,427 Km, Semat – Panggung 5,077 Km, Talangsambi – Semat sepanjang 2,569 Km, dan terakhir ruas jalan Sunan Mantingan sepanjang 2,194 Km. (JN17/JN03)
 
 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *