Konsumen Harus Jeli Pilih Daging !

  • Whatsapp

GUNUNG KIDUL, Jowonews.com – Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali perbedaan daging babi dan sapi, serta lebih jeli dalam memilih daging. Kepala Dinas Peternakan Gunung Kidul Krisna Berlian di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan bagi masyarakat yang masih ragu saat membeli daging sapi, dan takut bercampur daging babi, perlu melihat beberapa perbedaan daging babi dan sapi.

“Daging sapi memiliki ciri-ciri serat-serat terlihat dan padat, sedangkan untuk daging babi, seratnya tidak terlihat dan daging cenderung renggang. Secara kasat mata bisa dibedakan saat melihat teksturnya,” katanya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, ia mengatakan tekstur daging sapi lebih kaku, sedangkan daging babi lebih lembek. Untuk warna, daging babi lebih pucat dibandingkan dengan sapi.

“Dari beberapa perbedaan daging tersebut bisa terlihat perbedaannya,” katanya.

Krisna mengatakan untuk mengelabuhi konsumen, biasanya pedagang mencampur daging babi dengan darah sapi.

Untuk memberikan rasa aman kepada konsumen, pihaknya melakukan pemantauan di sejumlah pasar.

“Untuk itu, masyarakat harus lebih teliti,” katanya.

Anggota DPRD Gunung Kidul Purwanto mengatakan dinas harus melakukan pemantauan karena modus mencampur daging babi dengan darah sapi sudah sering dilakukan oleh pedagang.

“Kami mendengar sudah sejak lama, dan harus segera ditindak,” katanya.

Menurut dia, Pemkab Gunung Kidul harus melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Pemkab harus melakukan koordinasi dengan Pemda DIY, untuk menindaklanjuti temuan ini. Jangan hanya menunggu, kasihan masyarakat,” katanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *