Temanggung Dorong Petani Kembangkan Mina Padi

  • Whatsapp

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terus mendorong petani di daerah tersebut untuk mengembangkan budi daya mina padi guna meningkatkan produksi ikan dan nilai tambah lahan sawah.

Kabid Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi di Temanggung, Selasa, mengatakan, potensi budi daya ikan dengan sistem mina padi masih terbuka, karena banyak petani yang belum memanfaatkan lahan sawahnya untuk memelihara ikan bersama tanaman padi.

Bacaan Lainnya

“Kami terus berusaha dengan memberikan pelatihan kepada petani untuk mengembangkan mina padi karena hasilnya dapat meningkatkan pendapatan petani,” katanya.

Ia menyebutkan produksi ikan dengan sistem mina padi di Kabupaten Temanggung pada 2015 mencapai 2.191,5 ton dari target 2.189,53 ton.

Muhammad Hadi menuturkan selama ini budi daya ikan dengan sistem mina padi dikembangkan para petani di daerah Pringsurat, Parakan, dan Bulu.

“Kami berharap saat musim hujan seperti sekarang ini petani di daerah lain bisa mengembangkan mina padi,” katanya.

Ia menuturkan permintaan benih ikan saat musim hujan meningkat, karena selain untuk memenuhi budi daya ikan di kolam juga mina padi di lahan sawah.

“Biasanya untuk mina padi, petani lebih suka untuk budi daya ikan mas, meskipun sebenarnya bisa juga dengan lele maupun nila,” katanya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *