Satu Orang Tewas Akibat Tebing Longsor

  • Whatsapp

KULON PROGO, Jowonews.com – Tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter di Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, longsor menyebabkan satu orang tewas.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan longsornya tebing akibat hujan deras yang mengguyur Kulon Progo pada Selasa (2/2) hingga Rabu itu menyebabkan Kepala Dusun Nglinggo Tukidjo tewas tertimbun tanah.

Bacaan Lainnya

“Tanah longsor sudah terjadi sejak Selasa sore, dan Rabu pagi warga melakukan kerja bakti, tiba-tiba ada longsoran susulan yang menyebabkan tiga orang tertimbun tanah longsoran. Pada kejadian itu, Tukidjo tidak terselamatkan, dan lainnya selamat,” katanya.

Ia mengatakan, sebelum terjadi longsor susulan, kerja bakti sebenarnya sudah hampir selesai pada sekitar pukul 08.30 WIB. Saat warga sedang berusaha memperbaiki drainase di tepi jalan, longsor susulan tiba-tiba datang, dan warga langsung berteriak dan berlari menjauh.

Namun, Tukidjo dan dua korban lain, yaitu Rebin dan Wagiran tidak sempat lari dan tertimbun longsor. Beberapa saat kemudian, warga segera melakukan evakuasi sembari menunggu bantuan dari pemerintah.

Rebin dan Wagiran dapat diselamatkan, sedangkan Tukidjo ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo menyampaikan ikut berbela sungkawa atas meninggalnya Kepala Dusun Nglinggo. “Kepala Dusun Nglinggo menjadi pahlawan bagi masyarakat karena meninggal saat menjalankan tugas memimpin masyarakat mengatasi bencana,” kata Sutedjo.

Selain ke rumah korban, Sutedjo juga menjenguk korban lain yakni Rebin yang masih dirawat di RSUD Wates. Wabup menyerahkan santunan dari Baznas Kulon Progo.

Wabup berpesan kepada keluarga korban agar menerima musibah dengan tabah. “Saat ini sedang mendapat cobaan. Kami berdoa semoga lekas sembuh, segera pulih dari sakit,” kata dia.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *