Sebagian Besar Perusahaan di Purbalingga Belum Melaksanakan CSR

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Setelah melakukan pemantauan melalui Kunjungan Kerja ke Purbalingga, Komisi E menemukan  sebagian besar perusahaan yang ada di Purbalingga belum melaksanakan Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini disampaikan Anggota Komisi E DPRD Jateng Karsono saat ditemui di ruang Komisi E DPRD Jateng, Kamis (4/2/2016).

“Padahal CSR metupakan kewajiban dan tanggung jawab bagi perusahaan yang tercantum dalam UU no 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Selain itu juga dijelaskan dalam PP no 47 tahun 2012 tentang tanggung sosial lingkungan PT  yang kita kenal dengan peraturan pemerintah tentang CSR,” jelas Politikus Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

Bacaan Lainnya

Sehingga dia merasa perlu ada teguran dari instansi terkait bagi perusahaan yang tidak melakukan kewajiban CSR. Dimana ada empat jenis sanksi yang bisa diberikan kepada perusahaan yang membandel yaitu sanksi tertulis, pembatasan usaha, pembekuan usaha, dan pencabutan kegiatan usaha.

“Ketika perusahaan melakukan kewajiban CSR tersebut maka akan sangat membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah sosial dan kebencanaan. Misalkan perusahaan membantu masalah bencana banjir, penghiauan, ikut membantu pemugaran rumah miskin,” tambahnya.

Akan tetapi selama ini perusahaan salah dalam memahami tentang CSR. Perusahaan memahami CSR itu berupa memberikan bingkisan kepada para pekerjanya, atau memberikan bingkisan kepada masyarakat sekitar saja.

“Padahal yang dimaksud bukan seperti itu, tanggungjawab sosial dan lingkungan adalah menangani masalah-masalah kebencanaan, penghijauan, dan kemiskinan missal pemugaran rumah dan sebagainya,” lanjutnya.

Sekarang ini Pemerintah Provinsi dan beberapa daerah sedang menyusun perda tentang CSR ini. Dia berharap reperda ini ke depan bisa menjadi payung hukum untuk mengatur pengelolaan CSR dan menekan perusahaan-perusahaan daerah yang tidak melaksanakan tanggungjawab CSR tersebut. (JN18/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *