Imlek, 55.000 Wisatawan Padati Gunung Kidul

  • Whatsapp

GUNUNG KIDUL, Jowonews.com – Sebanyak 55.000 wisatawan mengunjungi pantai selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Imlek dari Sabtu (6/2) hingga Senin (8/2).

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Dibudpar) Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan kunjungan wisata pantai masih mendominasi ke daerahnya.

Bacaan Lainnya

“Hal itu bisa dilihat dengan peningkatan volume kendaraan yang menuju ke wilayah Gunung Kidul. Berdasarkan laporan dari petugas tempat pemungutan retribusi (TPR), sekitar 55 ribu wisatawan yang berkunjung ke pantai,” kata Hary.

Ia mengatakan puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (7/2). Diperkirakan ada 25 ribu wisatawan masuk pantai, dengan pendapatan hampir Rp500 juta. Sementara untuk objek wisata lainnya Gua Pindul, Air terjun Sri Gethuk, Gunung Api Purba Nglanggeran dan objek lainnya.

“Objek wisata Gunung Kidul semakin diminati oleh wisatawan, sehingga setiap libur panjang selalu dipadati pengunjung,” katanya.

Hary mengatakan dengan melihat kunjungan wisatawan pihaknya optimistis bisa tercapai target Rp22 miliar pada 2016 dan ditunjang beberaa objek lain.

“Kami terus intensifkan PAD, terutama Gua Pindul dan lainnya, kebocoran retribusi juga kami tekan,” katanya.

Selain itu, dengan menambah papan penunjuk menuju objek wisata sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata. “Setiap tahun kami tambah rata-rata 10 rambu yang kita pasang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Korwil II SAR Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan selama libur Imlek, pihaknya menerjunkan seluruh personel SAR sebanyak 55 orang untuk menjaga 16 titik pantau yang menjadi tugasnya.

“Kami juga terus melakukan imbauan kepada wisatawan untuk tidak berenang,” katanya.  (Jn16\ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *