Muncul Tiga Bakal Calon Walikota Salatiga

  • Whatsapp

SALATIGA, Jowonews.com – Pelaksanaan Pemilu Walikota Salatiga masih satu tahun lagi. Namun kini sejumlah nama telah bermunculan. Belakangan baliho bergambar wajah tokoh bermunculan di beberapa titik Kota Salatiga dengan membawa slogan,

Berdasarkan kabar yang diperoleh, mereka sedang mensosialisasikan dirinya untuk ikut memperebutkan tiket dalam Pilwalkot 2017 mendatang. Pasalnya, partai akan menjaring kandidat berdasarkan popularitas dan elektabilitasnya.

Bacaan Lainnya

Dari indikasi ini, setidaknya ada tiga nama bakal calon wali kota yang muncul. Baliho yang tersebar adalah Bambang Wiryawan, pengusaha bengkel mobil audio Aulia yang membawa slogan Salatiga Bangkit serta Joko Sambodo, yang disebut sebagai mantan direktur bank pemerintah yang mengusung slogan Harapan Baru.

Sementara itu, pasangan pentahana Yuliyanto – Haris sebelumnya sudah menyatakan akan maju ke jilid kedua. “Kalau internal, kita menyiapkan lima kader untuk maju,” terang Suniprat, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Salatiga kepada wartawan.

Namun, siapapun yang akan maju, tiket melalui partai di DPRD maksimal hanya akan ada empat pasangan yang akan bertanding dalam Pilwalkot. Namun itu bisa bertambah jika ada calon independen yang mampu mengumpulkan sedikitnya 13 ribu KTP untuk mendaftar di KPU.

Sementara untuk partai atau gabungan partai yang bisa mengusung pasangan calon adalah yang memiliki minimal 20 persen dari total anggota dewan atau minimal memiliki 5 wakil di DPRD. Peta di DPRD Salatiga saat ini adalah PDIP (8 kursi), PKS (4), Gerindra (4), Demokrat (3), Golkar (2), PKB (2), Nasdem (1) dan PPP (1). Melihat komposisi ini, PDIP diyakini akan mengajukan pasangan tersendiri.

Kemudian, partai yang lain harus berkoalisi. Misalnya Gerindra dengan Nasdem atau PPP, Demokrat dengan PKB atau Golkar, PKS dengan Nasdem atau PPP. Namun kemungkinan kemungkinan lain bisa saja terjadi namun, jumlah maksimal tetap empat pasangan calon.(JN01/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *