PDAM Solo Berlakukan Layanan Sedot Tinja Gratis

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Perusahaan Daerah Air Minum Solo, Jawa Tengah, dalam waktu dekat memberlakukan layanan sedot tinja gratis, dengan sistem terjadwal kepada 200 pelanggan PDAM yang tertib membayar rekening air bulanan, untuk wilyah Banjarsari dan Jebres.

PDAM menggratiskan hal ini dimaksudkan sebagai langkah uji coba layanan sedot tinja gratis kepada pelanggan, kata Direktur PDAM Solo Maryanto kepada wartawan di Solo, Rabu.

Bacaan Lainnya

“Ya tahap perintis kita awali di 200 pelanggan di Jebres dan Banjasari dulu. Kami ingin lihat bagaimana pelaksanaan dan kendala yang harus diperbaiki sebelum diterapkan ke seluruh pelanggan PDAM,” katanya.

Maryanto mengatakan layanan sedot tinja terjadwal akan direalisasikan paling lambat Juni mendatang. Pihaknya telah menyelesaikan survei ke rumah penduduk terkait layanan program sedot tinja terjadwal.

Survei yang dilakukan meliputi kondisi septic tank maupun akses jalan masing-masing pelanggan. Sebab, layanan sedot tinja terjadwal ditujukan bagi rumah tangga yang memiliki septic tank dan akses jalan memenuhi syarat.

Maryanto mengatakan ada 19.000 pelanggan PDAM se-Kota Solo yang memenuhi syarat untuk menerima layanan sedot tinja terjadwal. Namun tahap awal, layanan sedot tinja baru akan dilaksanakan kepada 11.891 pelanggan di dua kecamatan, yakni Banjarsari dan Jebres. Sebelum akhirnya diterapkan di seluruh wilayah Kota Solo.

Ia mengatakan besaran tarif sedot tinja kategori rumah tangga adalah Rp8.500 per pelanggan per bulan. Dia mengatakan tarif layanan sedot tinja terjadwal akan masuk dalam tagihan bulanan pelanggan.

Dikatakan sistem cicilan ini, menurutnya, dinilai lebih meringankan beban masyarakat akan biaya sedot tinja. Sebab pada saat dilakukan penyedotan warga tidak akan dikenai tarif lagi. Nantinya pelanggan jasa akan mendapatkan layanan kuras bak penampungan tinja secara berkala sesuai jadwal.

Sedot tinja akan dilakukan setiap tiga tahun sekali. Artinya jika dikalkulasi biaya yang harus dikeluarkan pelanggan untuk layanan sedot tinja tiga tahun sekali mencapai Rp306.000.

“Ya saat ini masih ada sejumlah kendala dalam pelaksanaan layanan sedot tinja terjadwal. Salah satunya terkait sistem layanan sedot tinja yang masih harus disempurnakan,” katanya. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *