Tim SAR Terus Lakukan Pencarian Warga Tenggelam di Sungai Tajum

  • Whatsapp

BANYUMAS, Jowonews.com – Tim “search and rescue” (SAR) gabungan melakukan pencarian terhadap seorang warga Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang tenggelam di Sungai Tajum.

“Korban bernama Dirman (56), warga Desa Cikakak RT 02 RW 01, Kecamatan Wangon, Banyumas,” kata Koordinator Badan SAR Nasional Pos SAR Banyumas Mulwahyono didampingi Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas Heriyana Ady Candra di Wangon, Banyumas, Rabu.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (9/2), sekitar pukul 17.30 WIB, saat korban hendak pulang dari kebun di Desa Wlahar, Kecamatan Wangon.

Oleh karena ingin mempersingkat waktu, kata dia, korban nekat menyeberangi Sungai Tajum meskipun tidak jauh dari lokasi kebun terdapat jembatan gantung.

Akan tetapi nahas, lanjut dia, korban saat menyeberang justru terpeleset ke bagian sungai yang cukup dalam hingga akhirnya hanyut terbawa arus dan hingga Rabu (10/2) siang belum ditemukan.

“Upaya pencarian hari ini (10/2) dilakukan dengan menyusuri Sungai Tajum menggunakan perahu karet meskipun sedikit terkendala karena banyak jeram dan batu-batu besar di sungai itu sehingga kami harus mengangkat perahu karet,” katanya.

Ia mengatakan bahwa upaya pencarian korban pada Rabu (10/2) direncanakan hingga Jembatan Menganti di Desa Menganti, Kecamatan Rawalo, Banyumas, atau sejauh 15 kilometer dari lokasi kejadian.

Selain Basarnas Pos SAR Cilacap dan Tagana Banyumas, kata dia, upaya pencarian korban juga melibatkan Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Banyumas dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Banyumas. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *