KAI Segera Operasikan KA Sidomukti Jurusan Solo-Cilacap

  • Whatsapp

PURWOKERTO, Jowonews.com – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia akan segera mengoperasikan KA Sidomukti untuk melayani jurusan Solo-Cilacap pergi pulang, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

“Pengoperasian KA baru jurusan Solo-Cilacap ini untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat Cilacap dan sekitarnya terhadap transportasi KA ke jurusan Yogyakarta dan Solo karena selama ini belum ada kereta api penumpang dari Cilacap ke kota-kota di wilayah timur,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin siang.

Bacaan Lainnya

Ia mengakui jika sebelumnya pernah ada KA Logawa dari Cilacap yang disambungkan dengan KA Logawa dari Purwokerto di Stasiun Kroya.

Karena dalam kontrak “public service obligation” (PSO) disebutkan bahwa KA Logawa melayani jurusan Purwokerto-Jember p.p., kata dia, PT KAI sejak 2011 menghentikan layanan KA Logawa dari Cilacap.

Surono mengatakan bahwa rencana perjalanan KA Sidomukti jurusan Solo-Cilacap p.p. hingga saat ini masih digodok secara intensif.

“Mudah-mudahan bisa secepatnya direalisasikan sehingga bisa jadi alternatif transportasi masyarakat di sekitar Cilacap,” katanya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa rangkaian KA Sidomukti direncanakan menggunakan kereta kelas bisnis agar pelayanan bisa lebih maksimal.

Kendati menggunakan kereta kelas bisnis, dia mengatakan bahwa tarifnya akan ditekan agar bisa terjangkau oleh masyarakat.

“Tarifnya direncanakan berlaku secara parsial, kurang lebih sama dengan KA Joglokerto yang melayani jurusan Solo-Purwokerto p.p.,” katanya.

Menurut dia, KA Sidomukti direncanakan berhenti di Stasiun Cilacap, Maos, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, dan Solo, sedangkan jadwal perjalanannya masih dalam penggodokan.

Ia mengatakan bahwa jarak Cilacap-Solo dan sebaliknya akan ditempuh KA Sidomukti dalam waktu 4 jam perjalanan, sedangkan Cilacap-Yogyakarta dan sebaliknya sekitar 3 jam perjalanan.

Surono menyatakan optimistis pengoperasian KA Sidomukti akan mendapat sambutan positif dari masyarakat sekitar Cilacap karena selain waktu tempuh yang relatif lebih cepat juga ada keunggulan lain berupa langsung masuk ke tengah kota, baik di Yogyakarta maupun di Solo. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *