Ketua Dewan Minta 17 Kada Jaga Hubungan Harmonis

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua DPRD Jateng Drs Rukma Setyabudi MM menyampaikan rasa syukurnya karena pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 21 kabupaten/kota di Jateng pada tahun 2015 telah berjalan demokratis, jujur adil dan aman. Sehingga suhu politik di Jateng tetap kondusif.

“Perselisihan selama Pilkada dapat diselesaikan secara konstitusional. Karena kita mampu menempatkan hukum sebagai panglima dalam proses penyelesaian sengketa Pilkada,”ungkapnya, Selasa (16/2).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kondisi itu menunjukkan bahwa kesadaran politik masyarakat Jateng semakin membaik. Kualitas penyelenggara Pemilu juga semakin profesional. Rukma berharap kondisi yang demikian terus berkembang di masa yang akan dating. Semua pihak diminta melupakan perbedaan dan perselisihan serta terus mempererat kebersamaan.

“Kepada calon kepala daerah dan wakilkepala daerah terpilih, kami sampaikanselamat atas pelantikannya. Kemenangan dalam Pilkada adalah kemenangan seluruh masyarakat yang semestinya dijawab dengan kinerja dan integritas. Mari kita rawat kepercayaan masyarakat dengan kerja keras dan kerja cerdas,”ucapnya.

Lebih lanjut politisi PDIP ini berharap suksesnya Pilkada serentak sebagai bagian dari demokrasi prosedural dan akan dilanjutkan dengan keberhasilan mewujudkan masyarakat yang sejahtera sertameningkatnya daya saing daerah. Karena ituadalah wujud dari demokrasi yang substantif, demokrasi yang lebih bekerja.

“Kemiskinan, pengangguran, kualitas sumber daya manusia, percepatan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik,  tata kelola lingkungan, pemerintahan yang bersih, dan kesiapan menghadapai masyarakat ekonomi ASEAN menjadi sejumlah tantangan yang harus dihadapai dengan penuh optimism,”katanya.

“Pendapatan daerah yang semakin meningkat, modal sosial berupa  semangat gotong royong dan kekeluargaan dikalangan masyarakat, birokrasi yang tumbuh dinamis adalah kekuatan yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi pembangunan daerahdengan melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan disertai dengan akuntabilitas dan transparansi.”imbuhnya.

Rukma tak lupa berpesan supaya kepala daerah dan wakil kepala daerah menjaga hubungan harmonis. Karena hubungan harmonis produktif antara kepala daerah danwakil kepala daerah serta DPRD menjadi pondasi keberhasilan penyelenggaran pemerintahan daerah.

“Kerjasama dan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sektor swasta, media massa dan seluruh elemen masyarakat menjadi penyangga dalam kerangka good governance,”ujarnya.

DPRD Jawa Tengah sebagai inisiator parlemen modern terbuka dan berkomitmen untuk menerima aspirasi yang harus diperjuangkan bagi pemerataan pembangunan di Jawa Tengah, kemajuanKabupaten/ Kota sangat berkontribusi bagi kemajuan Jawa Tengah.(adv/JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *