Pembangunan Bandara Wirasaba akan Segera Direalisasikan

  • Whatsapp

PURBALINGGA, Jowonews.com – Rencana pengembangan Pangkalan TNI Angkatan Udara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga menjadi bandara komersial akan segera terealisasi, kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

“Insya Allah, mudah-mudahan tidak berubah,” katanya saat memberi sambutan dalam Serah Terima Jabatan Bupati Purbalingga dari Penjabat Bupati Budi Wibowo kepada bupati terlantik Tasdi di Pendapa Dipokusumo, Kabupaten Purbalingga, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, anggaran pengembangan Bandara Wirasaba akan dibantu oleh pemerintah pusat meskipun anggarannya belum masuk dalam APBN 2016.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah berjanji akan memasukkan anggaran tersebut dalam APBN Perubahan 2016.

Terkait hal itu, dia mengharapkan Pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk menyiapkan sarana pendukung salah satunya akses menuju Bandara Wirasaba, baik dari arah timur atau Kabupaten Banjarnegara maupun barat atau Kabupaten Banyumas.

Dia mengakui bahwa akses jalan dari arah timur sudah cukup baik dan lebar meskipun di beberapa lokasi masih sempit.

“Kemudian yang agak lambat tapi mudah-mudahan tidak terlalu lama adalah jalan dari Jembatan Linggamas ke barat yang masuk wilayah Kabupaten Banyumas,” katanya.

Oleh karena ruas jalan tersebut terlalu sempit dan mepet dengan pemukiman penduduk meskipun jaraknya hanya 3,2 kilometer, kata dia, Gubernur Jawa Tengah mengambil kebijakan untuk membuat jalan baru sepanjang 3,8 kilometer.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membantu dana untuk pembebasan tanah dan pembangunan fisik jalan baru tersebut.

Menurut dia, jalan baru di sebelah barat Jembatan Linggamas itu rencananya akan tembus hingga depan Markas Komando Resor Militer (Makorem) 071/Wijayakusuma, bukan pada titik jalan yang ada saat ini karena terlalu berisiko menyebabkan kemacetan.

“Jembatan Linggamas memang kita bangun untuk persiapan jika suatu saat nanti Bandara Wirasaba terealisasi,” kata dia yang pernah menjabat Wakil Bupati Purbalingga periode 2005-2010 dan Bupati Purbalingga pada tahun 2010-2013 itu.

Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa rencana pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial yang digagas sejak tahun 2006 oleh Bupati Purbalingga yang saat itu dijabat Triyono Budi Sasongko tidak hanya untuk Purbalingga tetapi juga kabupaten-kabupaten lain di Jateng bagian selatan-barat sehingga bisa menumbuhkan perekonomian di wilayah tersebut. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *