Indonesia Sasar Wisatawan Muda Malaysia

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Indonesia pada 2016 menargetkan lebih dari dua juta warga Malaysia akan berkunjung ke sejumlah destinasi dan obyek wisata menarik di Tanah Air dengan menyasar potensi anak-anak muda, asosiasi kemasyarakatan serta komunitas yang ada di Negeri Jiran itu.

“Kita belum terlalu menyasar segmen tersebut, dan ternyata masih banyak orang Malaysia belum tahu tentang Indonesia secara keseluruhan,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani saat dijumpai di arena “Matta Fair 2016” di Kuala Lumpur, Jumat.

Dikatakannya, masyarakat Malaysia sudah banyak tahu tentang Bandung, dan promosi untuk wilayah tersebut sudah cukup banyak.

Untuk itu, Indonesia akan menampilkan destinasi-destinasi di Tanah Air lainnya yang lebih beragam dibanding di Malaysia.

Misalnya wisata volkano, hamparan pantai pasir putih yang panjang, keindahan alam di Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Maluku ataupun destinasi yang memiliki kedekatan historis dengan Malaysia seperti Makassar.

Destinasi-destinasi tersebut perlu lebih banyak dipublikasikan dan dikomunikasikan melalui sejumlah sarana seperti iklan, pameran, festival maupun kegiatan lainnya seperti “Hot Ballon” yang bertemakan anak-anak muda.

“Dalam kegiatan ‘hot ballon’ tersebut bertemakan ‘pop up culture’ yaitu tidak hanya menyampaikan sesuatu secara natural, tapi lebih kreatif,” ucapnya.

Rizki menjelaskan, untuk menyasar wisman dari kalangan anak-anak muda tersebut, pihaknya juga terus berupaya mempromosikannya melalui jejaring sosial, media-media daring atau “online” lainnya mengingat aktivitas anak-anak muda tersebut kerap lebih banyak menggunakan kemajuan teknologi informatika.

Menurut dia, wisatawan Malaysia lebih banyak dari kalangan tuanya dibanding dengan anak-anak muda.

“Dari kalangan muda baru sekitar 10 persennya, sedangkan yang terbanyak dari kelompok tua (pensiunan),” ungkapnya.

Dengan menampilkan destinasi-destansi baru diharapkan dapat mendongrak jumlah kunjungan wisman Malaysia dapat memenuhi target yaitu diatas dua juta orang sehingga meningkat dari pencapaian tahun lalu yang sekitar 1,2 juta orang.

Ajakan Cakra Khan Sementara itu, penyanyi terkenal Indonesia, Cakra Khan yang turut hadir untuk memeriahkan kehadiran stan Indonesia di Matta Fair 2016 mengajak masyrakat Malaysia untuk lebih sering lagi ke Indonesia, karena masih terdapat sejumlah destinasi lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

“Masih sangat banyak destinasi dan obyek wisata menarik di Indonesia yang patut dikunjungi,” ucapnya Kehadiran Cakra Khan mendapat respon positif dari masyarakat di Malaysia. Dia akan menyapa lebih dekat para penggemarnya yang berkunjung ke paviliun Indonesia di ajang Matta Fair 2016. (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *