Pemkot Semarang Tak Tegas Relokasi Pedagang Johar

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Sejumlah pedagang Pasar Johar yang sudah siap direlokasi ke lapak sementara di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Justru sekarang ini para pedagang minta Pemkot Semarang bisa bersikap tegas.

“Kami sudah siap pindah pada tanggal 31 Maret mendatang sesuai dengan surat edaran Dinas Pasar yang sudah disosialisasikan,” kata pedagang konveksi Pasar Johar Nurminah di Semarang, Kamis.

Bacaan Lainnya

Ia mengaku sudah mengeluarkan dana sekitar Rp2 juta membangun dua lapak sementara yang menjadi jatahnya di Lapak Sementara Pasar Johar agar layak untuk digunakan berjualan nantinya.

Namun, kata dia, Pemerintah Kota Semarang juga harus tegas jika ada pedagang yang tidak mau pindah ke Lapak Sementara Pasar Johar jika nantinya sudah dilakukan relokasi sesuai dengan kesepakatan.

Senada dengan itu, Suginem yang berjualan konveksi di Pasar Johar juga meminta Pemkot Semarang tegas terhadap pedagang yang masih nekat berjualan di kawasan Johar karena sudah disediakan tempat relokasi.

“Kesepakatannya kan harus pindah ke lapak sementara. Ya, harus tegas. Terus terang, selama berjualan di Jalan Agus Salim (lapak darurat, red.), kami merasakan adanya pengurangan omzet,” keluhnya.

Berdasarkan pantauan, setidaknya sudah lebih dari 80 persen dari sekitar 4.000 lapak di Lapak Sementara Pasar Johar yang sudah dibangun dan dibenahi. Namun, relatif banyak yang belum ditempati pedagang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Supriyadi mengingatkan Dinas Pasar untuk mempersiapkan kepindahan pedagang sebagaimana batas waktu yang sudah disepakati.

Ia mengatakan bahwa Dinas Pasar harus terus menyosialisasikan rencana relokasi ke Lapak Sementara Pasar Johar yang sudah disepakati bersama meski sudah dibuat surat edaran kepada para pedagang.

“Ya, sekaligus mengingatkan pedagang untuk segera bersiap pindah. Jika sampai batas akhir yang ditentukan ada pedagang yang belum pindah, ya, harus berani mengambil tindakan tegas,” katanya.

Selain itu, politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan sarana prasarana dan infrastruktur yang ada di Lapak Sementara Pasar Johar untuk segera diperbaiki agar jangan sampai berlarut-larut.(jn01/ant)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *