ILUSTRASI

SLEMAN, Jowonews.com – Angka kesembuhan penderita penyakit tubercolosis di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai 88% dari target nasional sebesar 85%.

“Temuan TB BTA positif di Kabupaten Sleman pada 2015 sebanyak 415 atau 61 persen dari target 70 persen dan angka kesembuhan 88 persen dari target nasional 85 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Mafilindati Nuraini pada Sarasehan TB dan kampanye makan sayur dan buah di Sleman, Kamis (24/3).

Menurutnya, jumlah seluruh kasus TB di Kabupaten Sleman pada 2015 sebanyak 710 kasus. “Upaya yang telah dilakukan dalam rangka penaggulangan TB antara lain, penanganan TB dengan strategi DOTS di 25 puskesmas dan 14 rumah sakit yang ada di Sleman serta dengan mengembangkan rumah sakit non-DOTS menjadi DOTS, penyuluhan dan sosialisasi dan kegiatan lainnya,” terangnya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan sarasehan tersebut dalam rangka memperingati tanggal ditemukannya bakteri penyebab Tuberkulosis oleh Robert Koch pada 24 Maret 1882.
“Dengan peringataan ini diharapkan dapat menjadi pengingat semua pihak akan bahaya penyakit TB, sehingga akan menumbuhkan kepedulian dalam pemberantasan penyakit tersebut,” imbuhnya.

“Peringatan Hari TB Sedunia 24 Maret tahun ini mengangkat tema Gerakan Bersama Menuju Indonesia Bebas TB dengan TOSS (Temukan dan Obati TB Sampai Sembuh). Sesuai dengan tema tersebut, untuk terbebas dari TB dibutuhkan kebersamaan semua pihak,” pungkasnya. (JN19/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here