BANJARNEGARA, Jowonews.com – Sengatan sinar matahari di siang hari tak menyurutkan semangat warga Dusun Gondang Asri, Desa Duren, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara untuk menghadiri acara serah terima bantuan ternak kambing dari Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (22/03).

Acara ini dikemas dengan tajuk “Launching Kampung Berdaya Relokasi Warga Duren, Pagedongan” guna meningkatkan kemandirian warga dengan ternak kambing. Sebanyak 48 ekor kambing yang akan dihibahkan untuk diternakkan para warga.

Sebuah kandang dengan ukuran yang cukup untuk menampung seluruh kambing tersebut juga sudah dibangun di dekat pemukiman warga.

Dalam sambutannya, Catur Subandrio, S.Sos. selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Banjarnegara mengungkapkan apresiasi diberikan kepada PKPU atas bantuan yang telah diberikan, dan menghimbau warga untuk dapat merawat dan mengembang biakan kambing sengan sebaik-baiknya. untuk kelompok tani-ternak yang sudah terbentuk harus menjalankan masing-masing tugasnya dengan penuh tanggung jawab, terutama untuk jadwal pencarian pakan kambing, diharapkan dapat terus berjalan baik.” ujarnya

Perlu diketahui, warga Dusun Gondang Asri merupakan warga yang sebelumnya bertempat tinggal di area rawan tertimbun longsor di Desa Duren. Untuk mengantisipasi sebelum timbulnya korban longsor, BPBD bersama Pemerintah Daerah Kab. Purbalingga menginstruksikan warga untuk pindah ke wilayah lain yang lebih aman. Pemerintah pun menyediakan sebidang tanah berikut bangunan rumah layak huni lengkap dengan fasilitas umum berupa sumber air, masjid, dan pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sementara itu, Khoirul Khotim selaku Kepala KCP PKPU Purwokerto mengungkapkan harapannya agar warga dapat benar-benar memanfaatkan bantuan ternak kambing tersebut.

Beliau juga menyampaikan bahwa kedepan, PKPU juga akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga terkait berbagai keterampilan dalam pemeliharaan hewan ternak. Ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan para warga agar mereka bukan hanya dapat memelihara kambing yang ada, tetapi juga dapat mengembangbiakkan dan menjadikannya ladang usaha yang potensial untuk meningkatkan perekonomian warga. (jn03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here